oleh

Cara Mudah Atasi Ban Sepeda Bocor

PortalMadura.Com – Menjalankan berbagai aktivitas menggunakan sepeda merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Selain menciptakan lingkungan yang bebas polusi, Anda juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dengan kegiatan ini. Namun, mengalami masalah ban yang kempis di tengah jalan adalah salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas dan merusak mood.

Kebocoran ban memang merupakan permasalahan yang kerap dihadapi. Terlebih, bila kebocoran ban berlangsung di tengah jalan. Untuk Anda yang suka bersepeda, terpaksa sekali mesti mendorong sepeda Anda ke tukang tambal ban paling dekat, namun jika ternyata tukang tambal ban jauh, pastinya melelahkan bukan?.

Bagi Anda pesepeda tidak perlu khawatir ketika ban sepeda Anda tiba-tiba bocor, alat berbentuk tabung kecil ini dapat otomatis memompa ban sepeda Anda agar tetap bisa digunakan. Dengan menggunakan alat rancangan Benjamin Krempel ini, yang harus dilakukan adalah terus mengayuh. Mengapa demikian?.

Ketika sepeda dikayuh, ban akan berputar dan membuat mekanisme pompa yang terdapat di dalam tabung bekerja. Udara dari luar akan terdorong ke tabung pertama, kemudian ke ujung tabung utama melalui katup satu arah. Ketika tabung dalam keadaan kosong, dan ban tetap berputar, udara dari luar akan kembali ditarik ke dalam tabung.

Mekanisme ini terus dilakukan sampai udara dalam ban sepeda cukup untuk digunakan. Jika udara yang diperlukan telah terpenuhi, mekanisme ini akan berhenti bekerja.

Benjamin Krempel membuat alat yang diberi nama ‘PumpTube’ ini sebagai solusi saat ban sepeda mendadak bocor.

Akan tetapi, untuk mengatasi kebocoran yang besar, tentu ban sepeda tetap perlu ditambal. PumpTube, kabarnya akan dijual dengan harga sekitar USD30-55 per unit. Namun tahun depan, Krempel akan lebih dulu meluncurkan rancangannya ini di Kickstarter. (rimanews.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar