Cara Mudah Cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Cara-Mudah-Cek-Sinyal-TV-Digital-di-Daerah-Anda
Ilustrasi (ayocirebon.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Baru-baru ini tersiar kabar bahwa pemerintah akan melakukan migrasi TV analog ke TV digital. Dengan begitu, mau tidak mau masyarakat harus menghentikan siaran analog dan berganti ke digital.

Namun penyelenggaraan ini akan dilakukan secara bertahap. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan migrasi TV analog ke digital (analog switch off) atau ASO selesai pada 2 November 2022.

Diungkapkan Menkominfo Johnny G. Plate, Kemkominfo menetapkan tiga tahapan implementasi TV digital. Tahap pertama adalah 30 April 2022 yang meliputi 56 wilayah di 166 kabupaten dan kota.

Sementara tahap kedua, migrasi TV digital berlangsung pada tanggal 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan yang mencakup 110 kabupaten dan kota. Selanjutnya, tahap ketiga pada tanggal 2 November 2022 di 25 wilayah layanan yang mencakup 63 kabupaten dan kota.

Meski migrasi TV digital dimulai akhir April 2022, sebenarnya siaran TV digital di beberapa daerah sudah mulai tersedia. Anda ingin tahu apakah daerah Anda kebagian siaran TV digital?.

Caranya mudah, yakni dengan mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital di smartphone Android atau iOS. Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (1/4/2022) dari laman Liputan6.com:

1. Untuk pengguna Android, masuk ke toko aplikasi Google Play Store dan cari aplikasi SinyalTVDigital. Sedangkan pengguna iOS atau iPhone masuk ke toko aplikasi App Store dan cari aplikasi SinyalTVDigital

2. Unduh aplikasi SinyalTVDigital di smartphone masing-masing.

3. Setelah pemasangan aplikasi SinyalTVDigital selesai, buka aplikasi tersebut.

4. Aplikasi akan meminta izin akses lokasi ke pengguna. Izin akses lokasi diperlukan dalam hal ini, untuk mengetahui di mana pengguna berada dan apakah lokasi tersebut tercakup layanan TV digital yang mulai digulirkan.

Jadi, pastikan untuk memberikan izin akses aplikasi. Pengguna Android bisa mengizinkan akses lokasi kapan pun saat pengguna mau membuka aplikasi atau opsi kedua, hanya sekali saat aplikasi tersebut dibuka.

5. Pada kolom Cari Lokasi di laman utama aplikasi SinyalTVDigital, Anda bisa mengetikkan lokasi Anda untuk mengetahui apakah lokasi terkover siaran TV digital

6. Setelah mengetikkan lokasi yang diinginkan, Anda bisa pilih opsi “Cari” untuk mengetahui lokasi Anda terkover siaran TV digital atau tidak.

7. Setelah dicari nantinya akan ada tanda panah yang memperlihatkan lokasi Anda. Jika daerah Anda terkover siaran TV digital, indikator warnanya adalah merah untuk sinyal kuat, hijau hingga kuning untuk sinyal sedang, dan putih atau abu-abu untuk sinyal lemah.

8. Anda juga bisa mengklik panah lokasi tersebut untuk melihat di mana transmitter terdekat yang menyelenggarakan siaran TV digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.