Umat Muslim Wajib Tahu, Ini Doa dan Tata Cara Keramas Sebelum Puasa Ramadan

Editor: Desy Wulandari
Kenapa Rambut Sering Rontok Saat Keramas
Ilustrasi (hellosehat.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan sudah didepan mata. Biasanya umat muslim melakukan berbagai persiapan. Salah satunya yaitu mandi wajib dengan keramas saat hendak puasa. Hal ini dilakukan untuk membersihkan segala hadas baik besar atau kecil yang masih menempel pada tubuh. Biasanya dilakukan sore hari sebelum salat tarawih atau ketika waktu sahur sampai salat subuh.

Diharapkan setelah melakukan mandi wajib, badan akan lebih siap dan terbebas dari segala najis. Anda bisa memulai puasa dan aktivitas ibadah dengan lebih tenang. Adapun untuk melakukan hal ini ada tata cara dan doanya. Berikut bacaan doa keramas mau puasa:

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Melakukan aktivitas mandi dengan keramas untuk menyongsong puasa Ramadan secara umum sama saja dengan mandi wajib biasa. Pertama, yang harus dilakukan tentu membaca niat keramas mau puasa terlebih dulu, dan diikuti dengan membasuh seluruh tubuh dengan air yang bersih.

Setelah membaca niat doa keramas mau puasa dan memilih waktu mandi yang tepat, selanjutnya adalah mengikuti tata cara mandi dan keramas yang sudah ditentukan. Tata cara mandi wajib secara umum telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang berbunyi;

Dari Aisyah dia berkata: “Apabila Rasulullah SAW mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudu dengan wudu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut langkah-langkah mandi setelah doa keramas mau puasa:

1. Basuh kedua tangan
2. Tuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian basuh kemaluan.
3. Berwudhu seperti tata cara wudhu untuk salat.
4. Siram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata.
5. Basuh kepala sebanyak tiga kali.
6. Basuh seluruh tubuh.
7. Basuh kedua kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.