oleh

Cara Mudah Gunakan SoftLens Bagi Pemula

PortalMadura.ComSoftlens atau lensa kontak bisa menjadi alternatif bagi Anda jika memiliki masalah kesehatan mata dan tidak ingin menggunakan kaca mata. Bagi sebagian orang menggunakan kaca mata tidak merasa nyaman, sehingga memutuskan menggunakan softlens.

Jika Anda masih pemula menggunakan softlens, pastinya akan timbul perasaan takut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, menggunakan softlens sangat mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Berdasarkan laman Sehatq.com cara menggunakan softlens bagi pemula tanpa menimbulkan rasa perih hingga iritasi, Selasa (9/6/2020)

Membersihkan Tangan Sebelum Menggunakan Softlens

Pertama Anda harus mencuci tangan hingga bersih. Ini bertujuan untuk mengurangi iritasi karena bakteri yang ada di tangan Anda.

Disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, agar lebih bersih dan bilas dengan air mengalir. Setelah Anda mencuci tangan, keringkan tangan dengan tisu atau dengan kain bersih.

Membuka Softlens Dari Wadah dan Membersihkannya

Saat pertama kali Anda membuka softlens dari wadahnya, usahakan cuci softlens sebelum digunkan dengan air khusus softlens, bukan menggunakan air keran.

Memegang softlens

Selanjutnya Anda bisa menggunakan ujung telunjuk atau bisa menggunakan alat saat memasang softlens ke mata.

Memakai Softlens

Letakkan softlens di permukaan jari telunjuk, lalu sambil Anda bercermin, buka dan tahan bagian bawah kelopak mata menggunakan tangan yang satunya.

Perlahan letakkan softlens pada bagian bola mata. Penjamkan mata Anda sebentar dan kedip-kedipkan agar softlens berada tepat sesuai dengan bola mata Anda. Sehingga Anda merasa nyaman saat menggunakannya.

Hal-Hal yang harus Anda lakukan, saat menggunakan softlens terasa perih.

Pertama jangan menggosok mata Anda, Anda bisa membuka softlens namun sebelumnya harus cuci tangan lalu buka softlens Anda.

Kedua cek kontak lensa Anda takut terjadi kerusakan, setelah di cek tidak ada kerusakan maka cuci softlens dengan air khusus untuk membersihkan softlens dari debu.

Terakhir, jika tetap merasa nyaman dan timbul kemerahan pada mata maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Saat menggunakan softlens Anda harus menjaga kebersihan tangan, tempan penyimpanan softlens dan yang paling penting gunakan softlens yang sudah memiliki izin resmi.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar