oleh

Cara Mudah Ketahui Password WiFi yang Terhubung di Smartphone

PortalMadura.Com – Selama menggunakan smarphone Android, tentunya Anda sudah pernah terhubung dengan berbagai titik WiFi di berbagai tempat yang dikunjungi. Entah itu di tempat makan, kafe, kantor atau yang lainnya.

Ketika Anda datang ke lokasi yang terkoneksi dengan WiFi, maka Anda harus mengetikkan password agar bisa terhubung dengan internet tersebut. Nah, saat pertama kali mengetikkan password WiFi di lokasi itu, perangkat Android Anda akan secara otomatis menyimpan kata kunci itu.

Dengan ini, Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang sama ketika kembali berkunjung ke tempat tersebut. Namun, bagaimana jika Anda kemudian lupa dan ingin terkoneksi dengan jaringan WiFi itu menggunakan perangkat lain atau berbagi ke teman, tetapi lupa kata kuncinya?.

Mudah saja, bagi Anda yang menggunakan perangkat Android 10 atau lebih baru, Anda dapat langsung melihat password WiFi yang terhubung dengan sangat mudah.

Share WiFi via QR Code

Dilansir Liputan6.Com, yang mengutip dari OnlineTechTips, Anda hanya perlu masuk ke Settings > Connection > WiFi–akan berbeda tergantung UI bawaan smartphone.

Setelah itu, klik WiFi > klik nama WiFi yang ingin di share > tekan ikon roda di samping nama WiFi > tap tombol QR Code. Nanti Anda akan melihat tampilan QR Code, dan bisa bagikan password tersebut ke teman Anda atau hubungkan ke perangkat lainnya.

Selanjutnya, selain terkait hal tersebut, Anda juga memerlukan aplikasi pemindai QR Code yang bisa didapatkan di Play Store. Misalnya, Trend Micro QR Code atau bisa memindai kode tersebut menggunakan Google Lens yang tersedia langsung di browser Chrome.

Buka aplikasi tersebut, lalu ketuk pilihan di sisi kiri bawah untuk membuka QR Code yang tersimpan di galeri ponsel. Sistem aplikasi secara otomatis akan mengungkapkan deskripsi dari koneksi tersebut, termasuk password. Posisinya ada setelah tulisan ‘WPA;P:’ dan sebelum ‘;H:false;.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar