oleh

Cara Mudah Membuat Bakdabak Khas Prenduan

PortalMadura.Com – Bakdabak merupakan makanan khas Kabupaten Sumenep tepatnya di Desa Prenduan. Makanan ini sangat terkenal dan banyak diminati oleh semua kalangan. Makanan ini diminati karena rasanya yang unik dan gurih. Makanan ini juga cocok sekali, menjadi hidangan saat berkumpul dengan keluarga setelah Anda datang dari taraweh. Bagi Anda yang belum pernah mencicipi makanan ini, bisa membuat sendiri di rumah. Karena cara pembuatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan.

Bakdabak ini berbahan dasar tepung kanji yang di campur dengan ikan laut. Bagi Anda yang penasaran membuat makanan ini, berikut resep membuat bakdabak khas Sumenep dilansir dari laman Cookpad.com, Jumat (8/5/2020).

Bahan yang Diperlukan:

500 gr daging ikan kocol/tengiri
500 gr tepung kanji
1/4 baking powder
2 sendok makan tepung ketan
2 butir telur ayam
minyak untuk menggoreng

Bahan Bumbu:

5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
garam secukupnya

Sambal Petis:

5 cabe rawit
1 sendok petis madura
2 sendok cuka madura
1 buah tomat
secukupnya garam dan gula

Cara Membuat:

Pertama cuci bersih ikan laut yang Anda pilih, pastikan bersih dari duri ikan. Setelah dicuci bersih, haluskan ikan dan campurkan dengan tepung sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata antara ikan dengan tepung masukkan baking powder dan juga tepung ketan.

Uleni sampai kalis dan pastikan terampur rata.Adonan bakdabak jangan sampai berbentuk cair.Panaskan minyak, cetak adonan menggunakan tangan hingga berbentuk bulat dan pipih. Goreng adonan yang sudah di bentuk hingga kekuningan.Ulek semua bahan sambal petis dan untuk cabai bisa ditambahkan sesuai selera.

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan kenikmatan makanan khas Sumenep bisa langsung mencoba sendiri di rumah, tanpa harus ke Kabupaten Sumenep. Selamat mencoba.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Cookpad.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar