oleh

4 Cara Mudah Mengatasi Wasir Berdarah

PortalMadura.Com – Wasir, yang juga biasa kita kenal sebagai ambeien, adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di dalam dan di sekitar anus atau dubur. Wasir umumnya diderita oleh orang dewasa di antara usia 45-65 tahun. Namun, orang yang lebih muda juga bisa mengalaminya, terutama jika mereka terserang diare atau sembelit.

Wasir terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada perut yang disebabkan oleh beberapa aktivitas, seperti mengejan, duduk, batuk, konstipasi, atau kehamilan.

4 Cara Mudah Mengatasi Wasir Berdarah

Penyakit ini juga bisa menimbulkan pendarahan yang mengganggu aktivitas penderitanya. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (10/9/2020) berikut beberapa cara mudah mengatasi wasir berdarah.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat Tinggi dan Cairan

Serat dan cairan yang cukup dapat menjadikan feses Anda menjadi lebih lembut, sehingga mencegah Anda mengejan terlalu keras saat sedang BAB.

Berolahraga

Melakukan olahraga dapat membantu merangsang gerakan usus, sehingga Anda dapat Buang Air Besar (BAB) secara teratur. Lakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari.

Jangan Menunda BAB

Jika Anda merasakan keinginan untuk BAB, jangan tunda untuk melakukannya. Pasalnya, menunda keinginan BAB hanya akan membuat feses mengeras dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan.

Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan anus tertekan, sehingga memicu wasir. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak duduk dalam jangka waktu lama. Kalaupun pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk berjam-jam, luangkanlah waktu sejenak untuk berdiri dan berjalan di sela-sela pekerjaan.

Penyakit wasir berdarah tidak bisa dianggap sepele karena dapat terasa nyeri dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Sebisa mungkin cegah kondisi ini dengan menerapkan beberapa cara di atas serta menjalani pola hidup sehat.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
sumber : alodokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE