oleh

Cara Mudah Mengusir Nyamuk Agar Tidur Nyenyak

PortalMadura.Com – Nyamuk adalah serangga yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Sangat menyukai tempat yang lembab menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Keberadaan nyamuk di dalam rumah tentu saja bisa mengganggu aktivitas Anda, terutama saat tidur. Anda tidak perlu cemas, terdapat beberapa cara untuk mengusir nyamuk yang bersarang di rumah Anda. Dilansir dari laman Liputan6.Com, (1/8/2020) berikut ini beberapa cara mudah untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

iklan pilbup

Gunakan Kelambu

Memasang kelambu pada tempat tidur nyatanya cukup efektif. Cara mengusir nyamuk dengan memasang kelambu ini praktis dan efisien. Selain itu, saat ini pun banyak pula model kelambu yang bisa Anda gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk sekaligus sebagai pemanis tempat tidur.

Bahan kelambu ini pun bisa dibilang tepat untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Kelambu sendiri merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tidak mudah terbuka pada bagian bawahnya.

Menggunakan Serai

Bau dan aroma dari serai ini tidak digemari oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan serai pun cukup mudah. Gunakan serai sebagai lilin yang dibakar pada salah satu ujungnya. Setelah itu, letakkan di tempat-tempat yang sering terdapat banyak nyamuk bersarang.

Biasanya, tempat yang disukai nyamuk adalah yang memiliki kelembaban cukup tinggi serta kurang terkena paparan sinar matahari. Anda dapat meletakkan serai yang telah dibakar tersebut pada vas kaca atau keramik yang tidak mudah terbakar. Dengan begitu, cara ini akan aman untuk dilakukan. Ganti serai setelah habis terbakar apabila dirasa masih terdapat nyamuk di rumah Anda.

Semprotan Lavender

Anda pasti tahu bahwa nyamuk sangat membenci aroma lavender. Anda bisa membuat semprotan dari minyak essensial lavender. Menggunakan minyak essensial dengan aroma lavender sendiri mampu mengusir nyamuk dari tubuh Anda.

Selain membantu untuk mengusir nyamuk, minyak essensial juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda menyemprotkan ataupun mengoleskan minyak essensial lavender, bisa membantu Anda untuk memberikan efek relaksasi. Selain itu jika sedang datang bulan, Anda juga bisa untuk mengoleskannya pada bagian perut dan dipijat secara lembut.

Gunakan Lampu Tidur

Menggunakan lampu tidur dapat membuat tidur semakin nyenyak. Menggunakan lampu tidur juga dapat mengusir nyamuk. Saat ini lampu tidur memiliki berbagai variasi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Cara ini bisa dibilang cukup efektif. Beberapa lampu tidur saat ini memiliki fitur aroma pengusir nyamuk. Selain membuat ruangan menjadi cantik, juga bisa membuat tidurmu semakin nyenyak karena terhindar dari gigitan nyamuk.

Hindari Warna Cat Gelap

Perlu Anda ketahui bahwa warna cat pada sebuah ruangan memengaruhi adanya nyamuk. Nyamuk lebih suka berada di ruangan gelap. Jadi sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar Anda.

Ada beberapa warna yang tidak disukai nyamuk. Warna tersebut ialah hijau, putih dan kuning kecokelatan. Anda bisa menggunakan warna tersebut untuk digunakan pada dinding kamar Anda.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih pada umumnya lebih banyak digunakan pada masakan khas Indonesia sebagai bumbu penyedap. Namun, bawang putih ternyata juga dapat mengusir nyamuk.

Caranya, cukup letakkan irisan bawang putih di tempat-tempat yang gelap dan jarang terpapar sinar matahari. Sebab, nyamuk gemar berlindung di tempat-tempat lembab dan gelap. Anda juga dapat merebus bawang putih tersebut, kemudian air rebusan bawang putih di tuang pada botol spray. Setelah itu Anda bisa menyemprotkannya pada tempat-tempat yang terdapat banyak nyamuk.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar