oleh

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

PortalMadura.Com – Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, untuk terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Ada beragam cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda dilakukan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (15/2/2021), berikut beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba:

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Makanan kaya omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Anda dapat mengonsumsi diantaranya ikan salmon, makerel, tuna, sarden, dan kacang-kacangan.

Konsumsi Makanan yang Rendah Lemak

Pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Seperti susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu.

Olahraga Secara Teratur

Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. Karena rokok dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar