oleh

Cara Pemkab Bangkalan Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Tips Terhindar Virus Corona

PortalMadura.Com, Bangkalan – Kesiapsiagaan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengadakan rapat koordinasi dengan semua elemen.

Bertajuk “Gerakan Bangkalan Sehat, Jawa Timur Sehat Indonesia Maju” dihadiri semua Forkopimda Bangkalan, Jumat (6/3/2020). Dimotori Dinas Kesehatan Bangkalan rapat koordinasi berlangsung di Pendopo Pratano.

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron mengatakan, dalam satu bulan terakhir masyakarat Bangkalan sudah cemas dan khawatir dengan masuknya virus corona ke Indonesia.

Untuk menyikapi hal itu, maka perlu ada langkah konkret dalam upaya pencegahan virus corona.

“Masyarakat sebenarnya tidak perlu cemas dan panik,” katanya.

Saat ini, pihaknya mempersiapkan langkah-langkah berupa penyusunan protokol penanganan kasus corona dari pemantauan hingga sehat kembali.

Baca Juga: Biduan Dangdut Madura Pakai Sabu Untuk Jaga Stamina

“Pembentukan protokol penanganan orang-orang yang masuk dari luar negeri di beberapa pintu perbatasan. Bangkalan tidak termasuk wilayah perbatasan tetapi banyak warga kita yang bekerja di luar negeri. Mereka inilah yang harus terus kita pantau kedatangannya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya membentuk protokol pendidikan yang akan disebarkan melalui satuan-satuan pendidikan dan jaringan pesantren.

Tugasnya memberikan sosialisasi tentang isu corona yang dapat membuat seluruh warga pendidikan berperilaku hidup sehat.

“Secara tidak langsung sebagai bagian dari upaya perlindungan dan pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Warga juga tidak usah panik, apa lagi sampai menimbun masker,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo, berharap masyarakat jangan sampai ada yang terjangkit virus corona.

“Seandainya itu terjadi kami sudah menyiapkan dua ruangan di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu. Rumah sakit kita sudah menjadi rumah sakit rujukan pendamping. Kalau rujukan utamanya ada di Surabaya dan di Malang,” jelasnya.

Pihaknya saat ini sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan serta membentuk tim pencegahan penyebaran virus corona.

Pihaknya berharap agar masyarakat segera melaporkan apabila ada warga yang datang dari luar negeri.

“Nantinya akan dilakukan pemantauan selama 14 hari,” jelasnya.

Ia memastikan jika hingga hari ini Bangkalan masih aman dari virus corona.

“Semantara ini masih negatif. Semoga seterusnya negatif,” tutupnya.(*)

Penulis : Imron
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar