Cara Tepat Rawat Lap Microfiber Supaya Lebih Awet

Avatar of PortalMadura.com
Cara Tepat Rawat Lap Microfiber Supaya Lebih Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umumnya, pemilik kendaraan menggunakan lap microfiber untuk membersihkan kendaraan kesayangannya. Kain yang berbahan serat sintesis ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari bisa membersihkan debu, mengeringkan kendaraan yang basah, hingga bisa dimanfaatkan untuk menerapkan wax pada mobil.

Maka dari itu, lap multiguna yang satu ini juga perlu perawatan khusus supaya bisa lebih awet. Ada beberapa hal yang perlu pemilik lakukan. Apa saja?.

Berikut ini tiga cara merawat lap microfiber supaya lebih awet, seperti dilansir Liputan6.com dari laman Suzuki:

Pertama, sebelum digunakan saat pertama kali membeli lap microfiber harus dicuci terlebih dahulu. Hal ini pun sama halnya dengan baju yang sebaiknya dicuci dulu pakai air supaya bahan kainnya bisa beradaptasi.

Tapi ingat, jangan mencuci lap microfiber dengan mesin cuci. Cukup cuci dengan tangan tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak struktur microfiber-nya. Usahakan menggunakan air yang hangat untuk mencuci dan merendam lap microfiber.

Setelah direndam, peras ringan saja jangan terlalu keras seperti kain lap biasa. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung. Ingat juga, jangan dicampur dengan bahan lain seperti kaus atau celana. Mengapa?. Daya serap microfiber berbeda dan partikel dari bahan-bahan lain yang justru berisiko menempel.

Baca Juga: Penting! Ini Cara Tepat Rawat Visor Helm Iridium

Kedua, memisahkan fungsi setiap lap. Misalnya, lap yang digunakan untuk waxing, ya khusus waxing. Kalau untuk mengeringkan mobil, kainnya terpisah. Jangan dicampur pemakaiannya.

Ketiga, setelah dipakai harus segera dicuci. Hal ini penting dilakukan agar kondisi lap microfiber tetap baik dan saat ingin dipakai bisa langsung digunakan. Bagaimana cara mencucinya?. Sama dengan poin pertama.

Caranya, cukup cuci dengan tangan dan menggunakan air hangat, tanpa deterjen dan pelembut. Lalu, dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.