Cat Mobil Kusam dan Berjamur? Ini 3 Penyebabnya

  • Bagikan
Cat Mobil Kusam dan Berjamur? Ini 3 Penyebabnya
Ilustrasi (internet)

PortalMadura.Com – Salah satu komponen mobil yang tidak luput dari potensi pudar dan kusam, bila tidak dirawat secara rutin yaitu cat pada bodi. Pemilik mobil harus benar-benar menjaga agar kualitas cat tidak menurun. Karena jika cat mobil pudar harga jualnya tentu saja akan murah.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan cat mobil pudar dan berjamur. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman kumparan.com, berikut ini penjelasannya:

Terpapar Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Paparan sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang dapat mengikis lapisan cat mobil.

Terkena Air Hujan dan Tak Segera Dibilas

Jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil karena sifat air hujan yang asam dapat menyebabkan jamur muncul di bodi mobil. Jamur bahkan bisa menempel pada kaca sehingga terlihat tidak jernih.

Cuci Mobil Tidak dengan Sampo Khusus

Menurunnya kualitas cat pada bodi mobil juga dipengaruhi dari proses perawatan yang salah. Biasanya ini terjadi ketika mobil dicuci dengan cairan pembersih yang tidak semestinya.

Sudah banyak produk sampo khusus mobil yang pH balance-nya disesuaikan, dan bagus untuk cat mobil. Ia mengimbau, jangan mencuci mobil dengan sabun deterjen, karena memiliki konsentrat yang berbeda.

Pada saat mencuci dan memberikan sampo ke mobil, usahakan langsung dibilas dan jangan dibiarkan terlalu lama. Apalagi mencuci mobil di tempat terbuka dan terpapar sinar matahari.

Untuk bodi mobil yang sudah telanjur berjamur, disarankan jangan membiarkannya terlalu lama. Sebab, jamur lambat laun akan mengeras dan menjadi kerak sehingga sulit dibersihkan.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.