oleh

Catat! Ini 5 Perabotan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan

PortalMadura.Com – Menjelang lahirnya seorang bayi ke dunia ini, perasaan cemas dan bahagia pasti akan campur aduk. Para orang tua pun tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk si kecil. Mulai dari persiapan mental, fisik sampai dengan perabotan khusus bayi.

Menyiapkan perlengkapan itu tidaklah mudah, beberapa orang kerap dibuat bingung saat memilihnya. Tapi Anda tidak perlu khawatir dulu, berikut ini beberapa perabotan yang perlu Anda persiapkan untuk membantu Anda mengurus sang buah hati dan membuatnya merasa nyaman.

Tempat Tidur Bayi atau Boks
Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari. Si kecil pun akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur karena ia belum bisa duduk atau berdiri. Dirinya hanya terpisah dari tempat tidur saat mandi atau minum Air Susu Ibu (ASI).

Karena itu, Anda perlu menyiapkan tempat tidur bayi atau boks yang nyaman bagi sang buah hati. Pilih boks dengan bedding yang nyaman dan waterproof sehingga aman saat bayi mengompol. Selain itu, pastikan boks yang Anda pilih dilengkapi dengan pengaman yang baik, sehingga si kecil tidak mudah jatuh.

Baby Monitor
Saat sudah bisa merangkak, biasanya bayi akan rajin mengeksplorasi lingkungannya. Dirinya akan bergerak ke manapun tanpa mengenal lelah. Supaya Anda lebih mudah mengawasi gerak-gerik si kecil, ada baiknya Anda memasang baby monitor di sekitarnya. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengawasi sang buah hati di rumah saat berada di tempat kerja.

Nursing Pillow
Minum ASI merupakan aktivitas spesial yang dapat meningkatkan chemistry dan ikatan kuat antara ibu dan bayi. Aktivitas spesial inipun perlu mendapat perlakukan istimewa pula. Jadikan minum ASI sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi Anda dan sang buah hati. Jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa sakit atau tidak nyaman.

Salah satu benda yang dapat membuat pemberian ASI Anda semakin nyaman adalah nursing pillow. Karena, nursing pillow dapat menopang tangan Anda sehingga tidak terlalu pegal saat menggendong si kecil. Sang bayi pun akan merasa lebih nyaman karena ditopang dengan bantal yang empuk.

Botol
Meskipun sang bayi minum ASI, Anda juga tetap memerlukan botol susu. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan ASI hasil pompaan saat harus bekerja atau pergi. Asupan si kecil pun akan tetap terpenuhi walaupun Anda tidak ada di rumah.

Ketika sang buah hati sudah semakin besar, botol susu semakin diperlukan karena ia sudah mulai minum susu formula. Jangan lupa untuk mencuci botol dengan air hangat setiap habis digunakan.

Water Heater
Saat memandikan sang bayi, Anda tentu ingin memberikan pengalaman mandi yang membuat si kecil merasa nyaman tapi tetap aman. Karena itu, sebaiknya Anda melengkapi kamar mandi rumah dengan water heater agar si kecil bisa mandi dengan air hangat. Menggunakan water heater juga lebih aman daripada memasak air panas di kompor gas, karena tidak mudah bocor.

Pilih water heater yang aman dan nyaman yang dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis sehingga mampu melindungi dari terjadinya pemanasan berlebih dan arus bocor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika memandikan si kecil dengan air hangat. (liputan6.com/Putri)

Komentar