Cegah Bumi Rusak Dengan Mendaur Ulang Sampah Plastik

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Cegah Bumi Rusak Dengan Mendaur Ulang Sampah Plastik
Cegah Bumi Rusak Dengan Mendaur Ulang Sampah Plastik

PortalMadura.Com – Sampah plastik membutuhkan jangka waktu yang lama agar terurai di dalam tanah. Untuk itu, pengolahan sampah plastik harus dilakukan agar tidak mencemari lingkungan dan menjaga bumi ini tetap bersih.

1. Melakukan Pemilahan Sampah Plastik Berdasarkan Jenis

Baca Juga

Harus ada pemilihan karena ada sampah organik dan ada sampah anorganik. Proses sampah organik penguraiannya terjadi secara alamiah dan biologis. Contohnya Sisa makanan.
sampah anorganik hanya bisa diurang dengan cara tertentu, seperti di daur ulang. contohnya kaleng, plastik dan juga kertas.

2. Gunakan Botol Plastik untuk Menyiram Tanaman

Cara untuk memanfaatkan botol plastik adalah dengan dijadikannya alat untuk wadah air yang digunakan untuk menyiram tanaman.
Caranya, membuat lubang kecil di seluruh botol, gali lubang yang cukup besar untuk menyembunyikan botol di tengah penanam atau di samping tanaman di bedeng kebun. Masukkan botol ke dalam lubang dan tutup dengan tanah agar mudah dijangkau leher. Ketika Anda mengisi botol dengan air, itu perlahan-lahan menembus lubang dan menyirami tanaman.

3. Jadikan Rumah Kaca untuk Tanaman

Rumah kaca yang dibuat dari botol plastik bisa menjadi solusi untuk mencegah lingkungan rusak dan tercemar
Caraya, potong bagian bawah botol plastik, buka tutupnya dan letakkan di bedeng taman sehingga botol tersebut dapat mengelilingi tanaman. Rumah kaca improvisasi ini terlihat sederhana, tetapi dapat memperpanjang musim panas untuk tanaman Anda dan melindunginya dari angin.

4. Gunakan Sebagai Pot Bunga

Caranya, pilih botol yang cukup besar untuk bunga yang Anda miliki, buat lubang dengan ukuran yang tepat, dan isi botol dengan tanah. Jangan lupa untuk membuat beberapa lubang kecil di bagian bawah botol untuk drainase air yang baik.

5. Memanfaatkan Botol Plastik Sebagai Wadah Alat Tulis

Kamu bisa menghiasnya dengan berbagai macam bentuk dan ide kreativitas yang mungkin agar lebih menarik dan dapat dimanfaatkan.

6. Jadikan Alat untuk Menanam Bibit

Memanfaatkan sampah plastik dengan menanam benih tanaman agar tidak mencemari lingkungan. Ambil beberapa kantong plastik kokoh, isi dengan tanah dan gunakan untuk membawa bibit ke kebun.

Yuk jaga lingkungan dari pencemaran sampah plastik untuk kebaikan aku, kamu dan kita semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.