oleh

Cegah Covid-19, Disdik Sumenep Prakarsai Pembagian Masker Gratis

PortalMadura.Com, Sumenep – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tetap berada di kategori zona hijau pada sebaran Covid-19.

Sebagai upaya mempertahankan zona hijau, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep ikut serta memprakarsai pembagian masker, Senin (13/4/2020).

Sedikitnya ada 3 ribu masker yang diberikan kepada masyarakat secara gratis di 12 lokasi berbeda.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep, Carto menyampaikan, pencegahan penyebaran Covid-19 perlu melibatkan semua komponan bangsa.

Pemberian masker gratis kali ini, juga atas inisiatif Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Inisiatif pertama dari guru mata pelajaran PPKN. Kita rapatkan dan akhirnya berkembang pada yang lain, seperti Gusdurian, Pramuka dan internal kita sendiri,” jelasnya.

Pemberian masker gratis dan edukasi Covid-19 pada masyarakat, pertama berlangsung di simpang tiga masuk terminal Arya Wiraraja.

Lalu, mereka bergerak ke pintu pasar Anom Kota Sumenep, depan masjid Jamik, depan kantor PDAM, simpang empat Pandian.

Kemudian, simpang empat BRI unit Kota (kampong Arab), simpang tiga lingkar timur (depan rumah Dinas Polres Sumenep), pasar burung lama di Jalan Saluran Air.

Selain itu, depan SPBU Pamolokan, dan di depan pasar tradisional Bangkal, Sumenep.

“Semua masyarakat diharuskan menggunakan masker. Dan sudah menjadi atensi Bapak Bupati,” katanya.

Aksi guru yang tergabung dalam MGMP merupakan wujud solidaritas sukarela dan pemberian masker gratis berlanjut ke pintu masuk perbatasan Sumenep-Pamekasan.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan, pencegahan Covid-19 perlu keterlibatan semua pihak dan gotong royong secara sukarela.

Pada pembagian masker gratis pada masyarakat adalah untuk alat pelindung diri (APD). Kesadaran masyarakat untuk di rumah juga akan mempercepat mengatasi Covid-19.

Selain memberikan masker gratis, orang nomor satu yang turun sendiri pada kegiatan tersebut juga memberikan sosialisasi langsung kepada pengendara kendaraan bermotor.

Selama pemberian masker, didampingi istrinya, Nurfitriana sebagai anggota DPRD Jatim dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.(*)

Penulis : Azizah
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar