oleh

Cegah Covid-19, Pemerintah Daerah Sampang Tutup Obyek Wisata

PortalMadura.Com, Sampang – Seluruh tempat destinasi wisata di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi semakin meluasnya peta sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Penutupan berlaku setelah ada surat edaran antisipasi dan peningkatan pengawasan terhadap virus corona di setiap objek wisata yang dikeluarkan pemerintah daerah dan Provinsi Jawa Timur.

Surat edaran dari pemerintah daerah dikeluarkan dua kali, yakni menghimbau semua objek wisata melakukan pengawasan ketat terhadap kegiatan lalu lintas wisatawan dan surat edaran penutupan semua destinasi wisata yang ada.

“Masih ada saja masyarakat yang belum paham himbauan yang disampaikan. Padahal himbauan sudah keluar sejak 20 Maret,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Disporabubpar, Ibni Abdi Rahman, Rabu (26/3/2020).

Pasca ada kebijakan penutupan dari pemerintah, angka wisatawan yang datang dari berbagai daerah mengalami penurunan drastis.

Baca Juga : Program 2020, Kuota PTSL di Sampang Turun Signifikan

Berbeda dengan pelanggan hotel dan restoran milik pengusaha mandiri yang tidak dapat ditutup dengan total. Pengunjung masih dinilai normal serta mencapai 20 sampai 25 persen setiap hari.

“Kami minta kepada pemilik hotel dan restoran, sama-sama tetap melakukan pengawasan ketat terhadap para tamu yang datang,” ujar Ibni.

Demi memaksimalkan upaya preventif dan tingkat pencegahan virus corona, pihaknya mengajak masyarakat turut serta mematuhi instruksi pemerintah untuk stay at home (tetap di rumah) dan social distancing (pembatasan sosial).

“Menjaga kebersihan, dan mengikuti prosedur tetap pada percepatan penanganan Covid-19 bagi masyarakat serta diri sendiri,” tuturnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar