oleh

Cegah Helm Rusak dan Bau Dengan 10 Cara ini

PortalMadura.Com – Bagi pengendara sepeda motor, menggunakan helm adalah kewajiban. Menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor fungsinya untuk melindungi kepala Anda. Saat ini, helm memiliki banyak desain dengan harga yang bervariasi.

Jika Anda selalu bepergian keluar rumah, pastinya selalu menggunakan helm. Saat helm sering Anda gunakan setiap hari, akan membuat helm Anda bau dan cepet rusak. Anda harus merawat dengan benar agar helm Anda tetap nyaman digunakan. Dilansir dari laman Bacaterus.com, Sabtu (6/6/2020) cara hilangkan bau pada helm Anda.

Letakkan Helm di Bagian Belakang Jok

Meletakkan helm dibagian sepeda motor juga sangat berpengaruh pada ketahanan helm. Sebagian orang banyak meletakkan helm di kaca spion sepeda, padahal ini akan membuat busa helm cepat rusak.

Saat Anda meletakkan helm di bagian spion motor, kemungkinan besar helm akan mudah jatuh dan menyenggol kendaraan lain. Ini akan menyebabkan helm Anda lecet dan saat hujan air akan masuk ke dalam busa sehingga helm akan basah. Disarankan untuk meletakkan helm dibagian belakang jok sepeda.

Pastikan Kepala Kering Saat Memakai Helm

Keringkan rambut setelah selesai keramas, agar helm Anda tidak cepat berbau apek. Apalagi Anda menggunkan minyak rambut ini akan membuat helm Anda lengket dan bau tidak sedap.

Keringkan Helm yang Basah

Saat helm Anda terkena hujan, ini akan membuat helm Anda basah. Jika Anda membiarkan helm tetap dalam kondisi basah ini akan membuat helm Anda berjamur. Karena air hujan mengandung asam yang sangat tinggi sehingga dapat membuat helm cepat berjamur.

Cucilah helm Anda dengan sabun, pastikan cuci dengan bersih. Lalu jemur hingga kering untuk Anda gunakan kembali.

Simpan Helm dengan Benar

Menyimpan helm di rumah sangat berpengaruh pada kebersihan helm Anda. Pastikan menyimpan helm pada ruangan yang bersih dan suhu yang tidak lembap.

Letakkan helm dengan posisi terbalik, yaitu helm menghadap ke atas dan membuka bagian kaca. Cara ini untuk mengurangi bau pada helm Anda.

Semprot Parfum Rendah Alkohol

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk mencuci helm, maka bisa gunakan parfum rendah alkohol untuk menyemprot helm Anda.

Saat Anda menyemprot helm sebaiknya semprot beberapa jam sebelum digunakan. Jangan gunakan parfum terlalu banyak, gunakan secukupnya saja agar bau pada helm tersamarkan.

Cuci Helm 2 Kali Sebulan

Minimal Anda mencuci helm 2 kali selama sebulan. Anda tidak perlu ke tempat pencucian untuk membuat helm Anda kembali harum. Anda bisa mencuci sendiri di rumah dan pastinya menggunakan sabun atau sampo agar lebih harum.

Gunakan Balaclava

Jika Anda malas atau tidak memiliki waktu untuk mencuci helm Anda, sebaiknya gunakan balaclava untuk tetap menjaga kondisi helm tidak cepat bau.

Bersihkan Kaca Helm

Membersihkan kaca helm merupakan bagian yang terpenting. Membersihkan kaca secara rutin akan menghilangkan debu yang menempel pada kaca. Bersihkan dengan kain yang halus agar tidak meninggalkan bekas garis-garis halus.

Berikan Pewangi Setelah Mencuci Helm

Setelah mencuci helm, rendam helm pada pewangi pakaian. Pewangi ini untuk menghilangkan sisa-sisa bau helm yang tak kunjung hilang setelah di cuci.

Jangan Pinjamkan Helm Pada Orang Lain

Anda memiliki kebiasaan meminjamkan helm pada orang lain, maka kurangi kebiasaan ini untuk menjaga helm Anda tetap bersih.

Menjaga helm tetap bersih sangat penting, agar Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Pastikan helm yang digunakan sudah standar nasional.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Bacaterus.com,
Tirto.ID
Loading...

Komentar