oleh

Cegukan Saat Puasa, Begini Cara Mengatasinya

PortalMadura.Com – Cegukan adalah situasi yang kadang datang tanpa kita bisa prediksi. Cegukan memang bukan perkara yang membahayakan, namun cegukan biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman jika berlangsung dalam waktu yang lama.

Semua orang pasti pernah merasakan cegukan, namun tahukah Anda, apa sebenarnya yang terjadi pada diri kita hingga menimbulkan cegukan? jadi cegukan adalah kontraksi diafragma yang tidak disengaja antara otot yang memisahkan dada dari perut yang memainkan peran penting dalam pernapasan, kemudian kontraksi tersebut diikuti dengan penutupan pita suara secara tiba-tiba, yang menghasilkan karakteristik suara “hik”.

Umumnya cara paling populer dalam mengatasi cegukan adalah dengan minum air, namun bagaimana jika cegukan ini terjadi saat puasa, tentunya kita tidak boleh minum. Dilansir dari Fimela.com, Kamis (29/4/2021) ternyata ada cara lain untuk mengatasi cegukan saat puasa tanpa bikin puas batal, yaitu :

Menahan Napas

Mengatasi cegukan dengan menahan napas sementara, termasuk pada cara yang paling mudah dan juga paling populer dan sudah diketahui oleh banyak orang. Pertama ambil napas dalam-dalam lalu tahan sekitar 10 detik. Setelah itu hembuskan napas pelan-pelan melalui mulut. lakukan hingga beberapa kali, maka cegukan Anda akan selesai.

Duduk Memeluk Lutut

Cara ini juga termasuk pada cara untuk menghilangkan cegukan tanpa membatalkan puasa. cara ini juga terbilang culkup mudah. Anda bisa memulainya dengan duduk memeluk lutut. Cara ini bisa membantu memberi tekanan pada area diafragma, sehingga udara yang terjebak pada diafragma akan keluar.

Memijat Pembuluh Darah Pada Leher

Kenapa harus di leher? karena di leher terdapat pembuluh darah, yang dikenal dengan nama arteri karotis. Pembuluh darah ini memiliki fungsi untuk mengalirkan darah ke otak. Pijatlah dari arah anan leher dengan gerakan memutar. Memijat pembuluh darah pada leher, bisa dilakukan selama 5 hingga 10 detik, agar cegukan bisa sembuh.

Memijat Telapak Tangan

Saat cegukan pijatlah tangan pada bagian awah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jika saat proses pemijatan ini telapak tangan Anda terasa sakitr, maka itu pertanda sistem sarafmu sedang mengalami gangguan. Maka lakukanlah cara ini beberapa kali agar segera pulih.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar