Cek Fakta: Viral Laporan Pasien Suspect Covid-19 di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep
dok. Tampak depan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep (Istimewa)

PortalMadura.Com, – Beredar mirip sebuah laporan yang mengatasnamakan lembaga negara di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan menyebutkan ada pasien yang terindikasi penyakit (), Senin (16/3/2020).

Dalam susunan kalimatnya, disebutkan pasien awalnya di Puskesmas Legung, Kecamatan Batang-batang dan dirujuk ke RSUD dr. H. Moh. Anwar, Kabupaten Sumenep dengan menempati ruang isolasi 1. Nama pasien juga disebutkan.

Laporan tersebut viral di grup-grup WhatsApp.

Cek Fakta: Hasil penelusuran PortalMadura.Com, memang benar ada pasien dari wilayah Legung, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep.

Ketua Tim Kewaspadaan Covid-19 RSUD dr. H. Moh. Anwar, dr Andre Dwi Wahyudi, menyampaikan, pasien yang dikabarkan suspect atau positif corona adalah tidak benar.

“Berdasarkan hasil foto rontgen thorax tidak menunjukkan pneumonia (radang paru-paru, red). Jadi, sampai sekarang pasien ini dikategorikan Orang Dalam Pemantauan (ODP),” katanya.

Pihaknya mengakui pasien tersebut dimasukkan di ruang isolasi internal, tetapi bukan isolasi yang khusus Covid-19. “Tetap dipantau,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menerima informasi apapun perihal kasus Covid-19 khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moh. Anwar (RSUDMA) Sumenep.

“Kecuali telah dikonfirmasi oleh tim kewaspadaan Covid-19 RSUDMA,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.