oleh

Cerita Mistis 5 Jalur Pantura yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

PortalMadura.Com – Saat musim mudik, jalan alternatif yang biasanya digunakan untuk mempermudah perjalanan adalah jalur Pantai Utara (Pantura). Khususnya di Jawa Barat-Jawa Tengah yang paling padat setiap kali lebaran.

Tahukah Anda di mana sajakah jalur Pantura itu?. Pasalnya, nama Pantura ini menghubungkan lima provinsi. Daerah yang dilewati jalur favorit ini, antara lain Cilegon, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikampek, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Di balik kenyamanan area Pantura untuk menghindar dari kemacetan, ternyata ada kisah mistis yang sejauh ini dipercaya oleh sebagian pemudik saat lewat di tempat tersebut. Selain dari kisah pemudik, juga cerita-cerita yang jadi bahan perbincangan netizen di media sosial.

Berikut lima lokasi jalur pantura yang punya cerita mistis dan bikin bulu kuduk merinding:

Perlintasan Kereta Api Bulak Kapal, Kota Bekasi
Sebagian pemudik yang sering melewati jalur ini biasanya tidak asing lagi dengan cerita keangkeran di perlintasan kereta api tersebut. Terutama kalau malam hari, sebagian pengendara sering dibuat merinding ketika melewatinya.

Sebagian supir mengaku pernah melihat sosok anak kecil melintasi jalan raya, sebagian orang lagi mengatakan pernah menyaksikan nenek-nenek bergerak tidak menapak tanah untuk menyeberang jalan. Mereka yang mengaku pernah melihatnya mengimbau agar jangan kaget.

Kalau kaget bisa terjadi kecelakaan karena bisa jadi mengerem kendaraan secara mendadak atau mencoba menghindari tabrakan dengan makhluk halus tersebut.

Gedung Juang Tambun
Masih di Bekasi, dari Bulak Kapal, agak ke timur sedikit ada jalur mudik yang juga dikenal angker. Yaitu Gedung Juang ’45 di Tambun Selatan. Gedung ini merupakan salah satu peninggalan zaman perjuangan merebut kemerdekaan RI. Di gedung tua tersebut, di balik kemegahannya, terkadang membuat sebagian pengendara merinding bila melintas.

Sebagian orang mengaku pernah melihat sosok perempuan Belanda yang muncul dari dalam gedung. Menurut cerita saksi, makhluk tersebut biasanya muncul ketika waktu mulai masuk tengah malam atau dini hari. Perempuan berambut panjang dan pucat itu, konon sering melintas jalan raya.

Jalur Subang-Ciasem
Menurut cerita dari mulut ke mulut, di salah satu bagian dari rute mudik ini juga dikenal mistis. Belum ada yang membuktikannya secara ilmiah, tetapi konon di salah satu tempat sering muncul sosok perempuan setengah baya melintasi jalan.

Sebagian besar pengemudi angkutan umum lintas kota sudah hafal dan biasanya mereka akan hati-hati melewatinya agar tidak kaget begitu melihat penampakan. Tetapi, tidak sedikit pula pengemudi yang menganggap itu cuma cerita isapan jempol.

Jalan Raya Alas Roban
Jalan raya ini juga dikenal angker. Dulu, sebelum ada jalur alternatif, jalan yang penuh dengan kelokan tajam ini sering memakan korban jiwa karena kecelakaan lalu lintas. Konon, menurut cerita yang beredar di kalangan supir angkutan umum, sebagian arwah gentayangan.

Sebagian orang mengaku melihat penampakan-penampakan kalau melewati Alas Roban. Apalagi, jalur ini dulu dikenal rawan kejahatan dan sering terjadi kasus pembunuhan.

Jembatan Sewo
Jembatan penghubung ini terletak di perbatasan Kabupaten Subang-Indramayu. Area ini, menurut cerita warga yang sering pulang kampung dengan membawa kendaraan pribadi, sering membuat bulu kuduk berdiri kalau malam tiba.

Konon, dari bantaran kali yang mengalir di bawah jembatan sungai sering muncul arwah gentayangan yang mengagetkan pengguna jalan. Cerita lainnya, di sana ada siluman buaya putih yang muncul pada malam-malam tertentu. (Suara.com/Putri)