oleh

Cocok Buat Camilan, Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Gurih

PortalMadura.Com – Pempek merupakan makanan khas Palembang. Namun untuk menikmatinya, tidak perlu pergi jauh-jauh pergi ke Palembang. Karena Anda bisa membuatnya di rumah dengan bahan yang mudah didapat.

Jika biasanya pempek menggunakan ikan tenggiri, Anda bisa coba membuat pempek udang yang juga rasanya bikin nagih. Penasaran, bagaimana rasanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari akun Instagram @deviirwantari, berikut ini resepnya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Bahan A :

500 gr udang
11 bawang putih
9 bawang merah
2 butir telur
1 sdt lada bubuk
1 sdt minyak wijen

Bahan B :

300 gr tepung sagu
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt lada
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Cara Membuat :

Cuci udang, buang kepala dan kulitnya, lalu haluskan bahan A : udang, bawang merah, bawang putih, telur, lada dan minyak wijen. Kemudian dalam wadah campur bahan B aduk rata, sisihkan.

Ambil 5 sdm campuran bahan B campurkan dalam bahan A aduk rata, masukan daun bawang. Kemudian ambil 1 sdm adonan, gulingkan dalam bahan B lalu pipihkan. Lalu goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai matang bewarna kecoklatan. Angkat tiriskan.

Kuah cuko :

15 cabe keriting
7 bawang putih
50 gr gula merah
300 ml air
1 sdt Cuka
Timun potong dadu

Cara Membuat :

Haluskan cabe keriting, bawang putih, campurkan air, gula merah masak dalam api kecil. Kemudian masak sampai mendidih, tuang dalam wadah masukkan timun. Kuah cuko siap mendampingi pempek udang dan siap dinikmati.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar