oleh

Covid-19, Sepuluh Warga Sampang Masuk ODP

PortalMadura.Com, Sampang – Sedikitnya ada sepuluh warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada upaya pencegahan kasus wabah virus corona (Covid-19).

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi menyampaikan, angka Orang Dalam Risiko (ODR) yang ditemukan telah melakukan kontak langsung dengan orang sakit sebanyak 448, di antaranya 10 jiwa masuk daftar ODP. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil (tidak ada).

“ODR dan ODP bukan positif virus corona. Namun, mereka masuk pada pengelompokan pada upaya pencegahan penyakit menular ini,” tegasnya, Jumat (20/3/2020).

Upaya percepatan pencegahan wabah virus corona yang dilakukan pemerintah daerah, yaitu membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Bencana non Alam dan Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Semua tim membuat langkah strategis sesuai bekal tugas dan fungsi masing-masing, dan melakukan deteksi dini terhadap masyarakat yang menjadi sasaran untuk menangkal penyakit corona.

“Tim Satgas yang telah kami bentuk meliputi bidang kesehatan, pendidikan, pemerintahan, ekonomi, pariwisata, dan perhubungan,” jelasnya.

Agus meminta warga, jika terdapat temuan gejala tubuh yang mengarah terhadap Covid-19 segera datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dengan biaya ditanggung pemerintah.

Biaya penanganan virus corona di Kabupaten Sampang mencapai Rp 2 miliar. Dana itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Intensif Daerah (DID) yang difasilitasi pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Anggaran tersebut, digunakan untuk biaya operasional dan pengobatan pasien positif virus corona yang dirawat di rumah sakit rujukan dan sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Biaya yang ditanggung pemerintah daerah adalah operasional penanganan virus corona,” pungkasnya.(*)

Pengertian ODP dan PDP

ODP

Orang Dalam Pemantauan ( ODP) adalah mereka yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

PDP

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah mereka yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19. Tidak hanya itu, PDP ini juga memiliki indikasi atau diketahui pernah berkontak langsung dengan kasus yang terkonfirmasi atau probabel Covid-19.

Penulis : Rafi
Editor : Rena RH
Tirto.ID
Loading...

Komentar