Cuaca Ekstrem Membuat Masalah Kerusakan Rambut? Cek Disini

Avatar of PortalMadura.com
Cuaca Ekstrem Membuat Masalah Kerusakan Rambut? Cek Disini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dampak yang signifikan saat suhu udara berubah. Bukan hanya berdampak pada kesehatan, melainkan berdampak pda kulit dan juga rambut.

Jika Anda tidak mendapatkan perawatan rambut yang tepat, maka akan banyak masalah kerusakan yang muncul. Dilansir fimela.com dikutip dari Boldsky, setidaknya ada beberapa masalah rambut yang kemungkinan terjadi.

Nah, tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada solusi mudah yang bisa dilakukan untuk setiap permasalahan rambut. Seperti apa, Yuks simak dibawah ini.

Kulit Kepala Kering dan Mengelupas
Bukan masalah baru bagi rambut saat memasuki cuaca ekstrem yang membuat keringnya kulit kepala. Cuaca yang terus berubah akan merusak kelembapan kulit kepala dan menjadikan kering hingga terkelupas.

Untuk mengatasi masalah rambut ini, Anda bisa menggunakan minyak esensial, seperti minyak kepala, minyak zaitun, atau minyak almond. Pijat pada kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Gunakan sampo ringan bebas sulfat untuk membersihkannya.

Ketombe
Biasanya masalah kulit kepala yang kering akan diikuti dengan munculnya ketombe. Sel kulit yang mengering akan membentuk serpihan yang disebut dengan ketombe.

Baca Juga: Sekda Pamekasan Akui Aplikasi ‘Pamekasan Smart’ Belum Maksimal

Meski sudah menggunakan sampo anti ketombe, Anda masih perlu melembapkan kulit kepala dengan menggunakan hot oil, makan makanan yang sehat, dan lindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Rambut Kusut
Kurangnya kelembapan pada rambut akan membuat rambut kusut. Terlebih jika menggunakan alat pemanas akan membuat tampilan rambut semakin tidak sehat. Solusinya kurangi pemakaian alat pemanas rambut dan jangan menggosok rambut menggunakan handuk.

Rambut Bercabang
Nutrisi yang berkurang tidak akan mampu menutrisi rambut secara keseluruhan. Ujung rambut menjadi bagian yang paling kekurangan nutrisi.

Akibatnya timbul cabang di ujung rambut. Cara terbaik untuk menghilangkan rambut bercabang adalah merapikan potongan rambut untuk membuat rambut yang rusak.

Rambut Kusam
Cuaca ekstrem akan berdampak pada warna dan tekstur rambut. Sehingga warna rambut semakin memudar dan membuatnya nampak kusam dan kering. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa gunakan kondisioner yang kaya akan pelembap di setiap kali keramas.

Diamkan kondisioner beberapa menit sebelum dibilas. Aplikasikan cuka apel atau minyak esensial untuk menambah kelembapannya.

Rambut Rontok
Kurangnya kelembapan dan nutrisi rambut membuat akar hingga batang rambut menjadi rapuh. Tak heran jika ia lebih mudah rontok ketika disisir. Kerapuhan rambut ini juga bisa didukung dengan rambut yang diikat terus menerus atau terlalu terpapar sinar matahari.

Solusinya, Anda bisa mulai eksplor berbagai macam kepang atau ikat rambut, menggunakan perawatan deep conditioning sehingga rambut mendapat kelembapan ekstra.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.