oleh

Cuaca Ekstrim, Ini Saran BMKG Bagi Pelayaran di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Akhir tahun 2020, cuaca ekstrim di perairan Sumenep, Jawa Timur semakin intens terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrim di lautan akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Khalid menjelaskan, gelombang dengan kategori tinggi antara 2,5 meter hingga 4,0 meter berpotensi terjadi di perairan kepulauan Sapudi, Kangean, perairan Utara Madura, dan kepulauan Masalembu.

“Prakiraan ini berlaku mulai 9-10 Desember 2020,” ujarnya, Selasa (8/12/2020).

Dengan kondisi gelombang tinggi tersebut, seluruh pihak yang melakukan aktivitas pelayaran di laut diminta untuk tetap waspada.

Usman berharap agar semua pihak memperhatikan resiko demi keselamatan pelayaran. Pihaknya menyarankan agar aktivitas di laut ditunda sementara bagi perahu nelayan jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter.

Kemudian untuk kapal tongkang tidak direkomendasikan beroperasi jika kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,5 meter.

Selain itu untuk kapal fiber tidak diperkenankan berlayar pada saat kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,0 meter.

Sedangkan untuk kapal ferry jika terjadi kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter juga tidak disarankan melakukan aktivitas pelayaran.

“Untuk kapal ukuran besar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari 4,0 meter,” papar Usman.

Pihaknya akan terus memperbaharui informasi terkini terkait prakiraan cuaca. Oleh karena itu, masyarakat dan seluruh pihak diharapkan tetap memperhatikan update informasi terbaru dari BMKG.(*)

Penulis : Badri Stiawan
Editor : Dwi Oktaviana KK

Komentar