Cukupkah Hanya Buka Puasa Kurma Tanpa Makanan Manis Lainnya?

Avatar of PortalMadura.com
Cukupkah Hanya Buka Puasa Kurma Tanpa Makanan Manis Lainnya?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbuka dengan yang manis-manis seperti makan kurma memang sudah menjadi tradisi kebanyakan orang. Hal ini tidak hanya dianjurkan dalam agama Islam. Tapi menurut kesehatanpun juga sangatlah baik.

Sebab, dengan mengonsumsi kurma bisa cepat mengembalikan energi tubuh yang sudah berpuasa seharian. Namun, berbuka hanya dengan kurma saja tanpa makanan atau minuman manis lainnya apakah sudah dianggap cukup?.

Menurut Ahli Gizi dari Departemen Diet Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), Tan Sheau Kang, buah tinggi potasium ini membantu kerja otot dan saraf berfungsi lebih baik lagi. “Akan tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena kurma tinggi gula,” kata Tan.

Dengan kata lain, makan kurma saja untuk berbuka puasa sebenarnya memang sudah cukup, tanpa menambah makanan atau minuman manis lainnya. Ia juga menyarankan bahwa berbuka puasa sebaiknya memilih makanan yang seimbang.

Kurangi makanan tinggi gula, lemak, dan garam, serta menggantinya dengan menggabungkan semua sumber makanan yang terdiri dari serat, lemak baik, dan karbohidrat.

“Diet yang seimbang merupakan kunci untuk berpuasa sehat selama Ramadan,” ujarnya.

Dalam Health Promotion Board (HPB), ia menyarankan, “Pastikan Anda memiliki satu porsi buah dan satu porsi sayuran di dua waktu makan Anda selama Ramadan”.

Jadi, berbuka puasa dengan makan kurma memang sangat baik dan cukup. Tidak perlu menambah teh manis atau apa pun lagi. Namun, pastikan juga untuk selalu menjaga keseimbangan makanan yang Anda konsumsi setiap buka puasa dan sahur. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.