oleh

D. Zawawi Imron : Orang Harus Optimis Biar Tidak Seperti Kera

PortalMadura.Com, Pamekasan – Manusia hidup di muka bumi harus mempunyai sifat optimis guna mencapai cita-cita mulia. Sebab, rasa optimis akan memberikan dampak positif yang luar bisa untuk menata kehidupan.

Hal itu disampaikan penyair Nasional, D. Zawawi Imron dalam ceramah kebudayaan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (27/3/2016).

Menurutnya, optimisme hanya milik manusia sebagai mahluk Tuhan yang mulia. Dengan demikian, kualitas hidup dari hari ke hari harus semakin bertambah agar tidak sama dengan mahluk lainnya.

“Orang yang optimis adalah orang yang mampu tersenyum, karena senyum ini adalah sifat manusia yang sebenarnya,” ujar penyair asal Batang-Batang, Kabupaten Sumenep tersebut.

Dia memberikan analogi bahwa tersenyum tidak dimiliki oleh mahluk selain manusia, demikian pula dengan muka cemberut atau sifat cengengesan yang hanya milik hewan. Cemberut hanya milik kera dan cengengesan hanya milik mahluk Tuhan bernama kuda.

“Makanya nabi bersabda, senyum itu adalah sodaqoh, karena memang selain manusia tidak tersenyum, dan tersenyum ini adalah implementasi dari sifat optimis. Tapi, jangan senyum sendirian,” katanya semberi disambut tawa hadirin. (Marzukiy/har)

Komentar