Daftar Makanan yang Dilarang Dimasak Pakai Microwave, Catat!

Avatar of PortalMadura.com
Daftar Makanan yang Dilarang Dimasak Pakai Microwave, Catat!
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Umumnya digunakan untuk memanaskan kembali makanan dan minuman yang sudah dibuat sebelumnya. Tapi selain itu, alat ini juga bisa berguna jika ingin memasak dalam waktu yang cukup cepat.

Di antara sejumlah makanan yang biasa Anda olah, ada deretan makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam microwave. Kenapa?. Alasannya karena, makanan tertentu bisa menimbulkan racun hingga ledakan. Jadi, makanan tersebut tidak boleh dimasak dengan microwave.

Apa saja makanan itu?. Selain pembungkus wadah yang bisa menyebabkan kebakaran, lelehan atau mengeluarkan racun berbahanya. Berikut deretan makanan tersebut sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (19/8/2019) dari laman detikHealth:

Telur

Makanan pertama yang mungkin tanpa Anda sadari yaitu telur. Anda disarankan untuk tidak merebus telur dengan menggunakan microwave. Memasak telur yang belum dikupas berbahaya karena cangkang telur tahan panas. Bahaya serupa juga berlaku saat memasak telur ceplok.

Kuning telur ditutupi oleh sejumlah serat yang jika terganggu dapat menyebabkan ledakan. Selain itu, temperatur tinggi dalam microvawe menghasilkan uap di dalam telur yang ketika tekanan terbentuk bisa menyebabkan telur meledak.

Cabai

Bahan makanan yang satu ini memang tidak akan meledak, tapi asap yang dikeluarkan harus dihindari karena menyebabkan mata menjadi perih ketika terkena. Selain cabai biasa, cabai kering juga tidak boleh dimasak dengan microwave. Karena, capsaicin, atau bahan aktif pada cabai akan menguap ketika dimasukkan ke dalam microwave.

ASI Perah

Banyak ibu yang menyusui memompa dan membekukan ASI nya, sebelum digunakan ia menyimpannya dan diambil ketika dibutuhkan. Biasanya, sebelum diberikan pada bayi, susu perah itu dicairkan terlebih dahulu. Namun ibu harus berhati-hati saat mencairkan ASI beku.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), air susu ibu tidak akan panas merata saat dipanaskan dengan microwave sehingga akan menciptakan bintik panas yang dapat melepuh di langit-langit mulut bayi yang sensitif.

Segelas Air

Memanaskan segelas air menggunakan microwave sepertinya sudah hal yang normal dilakukan. Karena dengan memakai alat tersebut bisa lebih cepat daripada teko apalagi jika tidak memiliki teko listrik. Namun saat memanaskan segelas air di microwave, air bisa menjadi super panas tanpa mendidih. Kemudian jika menambahkan teh atau mengaduk air, ia bisa tumpah bahkan meledak yang menyebabkan luka bakar yang besar.

Baca Juga : Toyota Innova vs Bus Pariwisata, PNS Sumenep Meninggal Dunia

Daging Olahan

Kelihatannya mungkin terlihat konyol, tapi memanaskan kebab dengan microwave adalah ide yang buruk. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Control, daging olahan yang dipanaskan dengan microwave dapat menyebabkan pembentukan produk oksidasi kolesterol (COP), yang sebelumnya telah dikaitkan dengan penyakit jantung koroner.

Daging Beku

Saat seseorang lupa mengeluarkan daging beku dari freezer, kemudian memutuskan untuk mencairkannya dengan microwave agar lebih cepat, maka cara tersebut tidaklah benar. Selain bisa menjadi sedikit rumit, jika panasnya tidak merata, bakteri penyebab penyakit akan dengan senang hati mengerubungi daging.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.