oleh

Dahsyatnya Sedekah di Bulan Ramadan, inilah 5 Manfaatnya

PortalMadura.Com – Sedekah merupakan amalan yang sangat mulia yang cara melakukannya dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda, tapi amal kebaikan dan senyuman juga bernilai sedekah di mata Allah. Sedekah merupakan perbuatan yang sangat mulia, apalagi jika dilakukan di bulan yang mulia, maka keutamaannyapun akan berlipat ganda.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia hendaki, Dan Allah maha Luasa, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261). Sebagaimana yang Allah SWT. janjikan bahwa setiap orang yang menginfakkan hartanya di jalan kebaikan, maka tidak akan pernah sia-sia amalannya, justru akan diganti berlipat ganda.

Ternyata selain mendapatkan balasan berlipat ganda, ternyata bersedekah di bulan yang penuh dengan kebaikan ini juga memiliki banyak sekali manfaat. Dilansir dari Fimela.com, Minggu (25/4/2021) inilah manfaat sedekah baik dari kesehatan fisik dan mental seseorang :

Mengingatkan Untuk Lebih Bersyukur

Bersedekah secara alami juga akan mengingatkan siapa pun untuk bersyukur. Baik yang bersedekah ataupun yang menerima sedekah, dengan bersedekah seseorang akan memahami dan menyadari bahwa dirinya telah diberi kenikmatan rezeki sehingga bisa berbagi dengan orang lain, dan bagi yang menerima sedekah, Ia akan diingatkan untuk terus bersyukur serta menyadari bahwa Allah begitu Maha Pengasih yang tak pernah luput memeberi rezeki kepada semua hambanya.

Memberi Berkah Pada Rezeki dan Keluarga

Sesungguhnya dengan bersedekah, tidak akan pernah mengurangi jumlah harta yang Anda miliki. Jusru Allah akan mendatangkan berkah bagi keluarga yang gemar berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Membantu Kehidupan Orang Lain

Sebagai umat manusia sudah semestinya kita berbuat baik dan saling membantu, dengan bersedekah maka hal tersebut dapat terlaksana. Bentuk membantu kehidupan orang lain disini tidak hanya yang berupa materi seperti memberikan dalam bentuk uang, sembako, baju dan lain sebagainya, melainkan sedekah tenaga dengan saling tolong menolong jugfa akan membantu kehidupan orang lain. Maka jangan pernah menganggap bahwa sedekah itu selit, namun sedekah itu mudah.

Menciptakan Kebahagiaan di Dalam Diri

Sebuah penelitian oleh seorang profesor, telah menemukan bahwa beramal atau bersedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Hal ini terjadi karena saat kita bisa berbagi secara tulus kepada orang lain kita akan merasa berguna dan bisa memaknai bahagia untuk orang lain.

Menguatkan Tali Silaturahim

Keutamaan lain dari bersedekah adalah sebagai penguat jalinan silaturahim antar sesama, tak jarang dengan bersedekah maka akan menambah, keluarga baru, saudara baru, kerabat baru, atau treman baru. Mungkin saja suatu hari nanti mereka juga akan membantu Anda. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah, karena setiap perbuatan baik tidak akan pernah Allah biarkan kandas begitu saja.

Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukan kebaikan dengan bersedekah ini, apalagi di bulan yang penuh dengan ampunan dan kebaikan ini. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar