Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Penampilan

Avatar of PortalMadura.com
Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Penampilan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang pernah mengalami masalah . Entah karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan atau pikiran-pikiran tertentu yang mengganggu sehingga membuat tidur menjadi sulit.

Walaupun hanya semalam, akibat dari kurangnya tidur itu biasanya akan membuat penampilan menjadi buruk. Misalnya mulai dari mata panda atau kantong mata yang berwarna hitam dan penampilan yang terlihat lelah dan kusut.

Lantas, bagaimana jadinya jika Anda kurang tidur selama beberapa malam?. Hal itu pasti akan berdampak pada tampilan mata, rambut, dan juga kulit.

Asisten Profesor di Florida Atlantic University untuk Operasi Plastik dan Rekonstruksi Wajah, Dr. Vartan Mardirossian menjelaskan apa saja dampak buruk kurang tidur terhadap penampilan.

Mardirossian mengungkapkan, dampak tersebut tidak hanya terasa pada jangka pendek, namun juga jangka panjang.

Pada dasarnya, kata dia, seseorang membutuhkan tidur selama 7-8 jam per malamnya. Sangat penting untuk menjaga pola tidur yang konsisten setiap harinya.

Ia mengakui, belum ada penjelasan spesifik mengenai terhadap penampilan, terutama kesehatan kulit dan rambut. Namun, pola tidur yang buruk dapat memicu stres, serta meningkatkan level kortisol dalam tubuh.

Hormon kortisol sering dikaitkan dengan percepatan penyembuhan luka, meskipun ada sejumlah faktor lainnya. Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata seolah membengkak dan menghitam.

Saat Anda terjaga dan tidak tidur, mata juga cenderung menjadi kering dan iritasi, yang akan memicu terjadinya peradangan atau bengkak pada mata.

Hal ini akan membuat mata terlihat lebih tua dan kelopak mata Anda akan menunjukkan lebih banyak garis halus. Mata yang lelah juga mudah mengendur karena otot-otot mata yang kelelahan. Kekurangan tidur berkepanjangan akan menyebabkan kerusakan kulit dan mata permanen. Hal ini juga dipengaruhi faktor genetik, namun kurang tidur juga bisa menyebabkan rambut rontok dan perubahan kulit.

Perlunya Perawatan Kulit
Konsultan plastik wajah serta ahli bedah kepala dan leher di Jupiter Medical Center itu mengungkapkan, produk perawatan kulit juga dibutuhkan seiring bertambahnya usia.

Produk-produk tersebut membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dan mempercepat regenerasi sel, sehingga kulit terlihat muda dan terhindar dari kerutan.

“Seperti olahraga, perawatan kulit tidak akan terlalu efektif, kecuali diaplikasikan bersama dengan kebiasaan baik. Dan, hasil terbaik dari perawatan kulit biasanya baru akan terlihat setelah 3-4 bulan pemakaian,” kata Mardirossian.

Penggunaan krim mata sebelum tidur bisa membantu melembabkan mata dan mengurangi iritasi. Mardirossian juga menganjurkan pemakaian produk untuk kelopak mata yang bisa membuatnya lebih terhidrasi, seperti produk yang mengandung hyaluronic acid.

Produk tersebut juga bisa meminimalisasi lingkar hitam pada mata. “Tabir surya berbasis mineral (mineral based) juga bisa cukup efektif untuk meminimalisasi diskolorasi yang diakibatkan mata yang kelelahan,” ujar Mardirossian. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.