Dandim Pamekasan Akan Sanksi Anggotanya yang Tak Netral di Pilkada

Avatar of PortalMadura.com
Dandim Pamekasan Akan Sanksi Anggotanya yang Tak Netral di Pilkada
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Komandan Kodim (Dandim) 0826 Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Letkol Inf. Nuryanto mewanti-wanti kepada seluruh anggotanya agar tidak ikut terlibat dalam politik praktis pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018. Baik Pemilihan Bupati (Pilbup) atau Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Menurutnya, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus bersikap netral pada pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Tidak boleh mendukung salah satu calon, apalagi sampai menjadi tim suksesnya, karena tindakan tersebut melanggar aturan korp baju kotak-kotak tersebut.

“Yang jelas kita proses (kalau ada yang tidak netral) sesuai dengan peraturan TNI, kita laporkan kepada komandan atas dan diproses. Nanti kebijakan komandan bagaimana, kita tidak bisa stressing, yang jelas tindakan tegas pasti dilakukan kalau tidak netral,” tegasnya, Sabtu (10/2/2018).

Pihaknya sudah sering menyampaikan kepada anggotanya di setiap kesempatan agar bersikap netral, karena sikap netral bagi anggota TNI adalah harga mati. Bahkan, pihaknya telah membuat buku panduan tentang apa saja yang harus dikerjakan anggotanya pada momentum pilkada untuk menjaga netralitasnya.

“Jangankan jadi tim, mendukung dalam bentuk omongan dan lain sebagainya tidak boleh. Kalau kita dukung, ya dua-duanya tidak boleh mendukung salah satu calon. Artinya, tidak boleh mengunggulkan salah satu calon,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.