oleh

Dapatkan Kulit Cantik Mulus dengan Daun Mint, Begini 7 Cara Mengolahnya

PortalMadura.Com – Daun mint tidak hanya bisa memberikan sensasi segar pada makanan atau minuman, tapi ia juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Semurah itu mengatasi persoalan kulit?.

Ya, karena di dalam daun mint ini mengandung sumber vitamin A dan C yang penting bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu, daun ini juga ada kandungan asam salisilatnya sehingga bisa mendinginkan kulit dan mengatasi inflamasi.

Dilansir Popmam.com, yang dikutip dari laman StyleCraze, daun mint sangat efektif untuk mengatasi jerawat, menyegarkan kulit berminyak, dan mencerahkan.

Cara termudah untuk mendapatkan khasiat mint untuk kecantikan adalah dengan mengolah daun mint menjadi masker wajah. Nah, penasaran bagaimana cara dan khasiat daun mint untuk kulit wajah?. Berikut 7 ulasan lengkapnya:

Masker Daun Mint Segar untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun mint bukan hanya cocok untuk bahan makanan atau minuman. Jenis dedaunan yang satu ini juga ternyata bisa dijadikan masker wajah dan berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun mint segar. Setelah cukup halus, aplikasikan daun mint yang sudah ditumbuk pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Masker Daun Mint dan Madu untuk Mengencangkan Kulit

Jika sebelumnya hanya memanfaatkan daun mint, maka kini Anda juga bisa membuat masker wajah dari campuran daun mint dan madu.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampurkan segenggam daun mint yang sudah ditumbuk dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang bersih.

Diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Selain menjadikan kulit lebih kencang, masker ini juga bisa melembapkan kulit secara alami, tanpa membuatnya berminyak.

Masker Daun Mint dan Lemon untuk Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Paparan polusi hingga gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memanfaatkan khasiat daun mint dan lemon. Cara membuat masker mint dan lemon pun sangatlah mudah.

Pertama Anda hanya perlu menghaluskan segenggam daun mint dan campur dengan 1 sendok teh perasan air lemon. Aplikasikan campuran ini pada bagian wajah yang berjerawat.

Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini pada siang hari dan malam sebelum tidur. Ramuan masker ini juga bisa menyapu minyak berlebih dari pori-pori kulit.

Masker Daun Mint dan Mentimun untuk Menyamarkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Selain dapat membasmi jerawat di wajah, daun mint juga ternyata mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Ya, hanya dengan daun mint dan mentimun segar, pigmentasi serta tanda-tanda penuaan seperti flek, kerutan, serta kulit kusam bisa diatasi dengan mudah.

Cara membuatnya pun mudah, cukup haluskan daun mint dan 2 cm mentimun yang sudah dicuci, kemudian blender hingga halus. Setelah itu, aplikasikan masker mint dan mentimun pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

Masker Daun Mint dan Oatmeal untuk Meremajakan dan Menjadikan Kulit Bercahaya

Kandungan sapponin di dalam oatmeal berfungsi sebagai pembersih alami yang ramah untuk kulit sensitif. Kombinasikan dengan air perasan daun mint yang sudah ditumbuk untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikannya lebih bersinar.

Aplikasikan pada kulit wajah, kemudian diamkan sampai setengah kering. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar selama kurang-lebih 1 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin. Ramuan ini juga efektif untuk menyamarkan flek dan bekas jerawat.

Masker Daun Mint dan Air Mawar untuk Mendinginkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Mint dan air mawar sama-sama memiliki sifat mendinginkan dan bisa menenangkan kulit yang mengalami inflamasi atau kemerahan setelah terpapar sinar ultraviolet.

Cara membuat masker daun mint dan air mawar pun mudah, cukup campurkan daun mint yang sudah ditumbuk dengan beberapa tetes air mawar, kemudian terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Masker Daun Mint, Madu, dan Putih Telur untuk Meringkas Pori dan Menjadikan Awet Muda

Terakhir adalah masker daun mint dengan campuran putih telur dan madu. Seperti yang kita ketahui, putih telur berguna untuk menyamarkan penampilan pori-pori yang lebar dan mengencangkan kulit.

Agar lebih maksimal, kombinasikanlah dengan segenggam daun mint dan madu, kemudian blender hingga halus. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

Demikian ketujuh resep masker dari daun mint yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kecantikan. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang masih segar dan higienis agar kulit tidak terkontaminasi bakteri. Selamat mencoba di rumah!.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Popmama.com

Komentar