oleh

Datangi DPRD Sampang, Kaum Tunadaksa Minta Buat Raperda Hak Perlindungan

PortalMadura.Com, Sampang – Sejumlah warga dari kaum penyandang disabilatas mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (1/10/2021).

Di hadapan anggota dewan Sampang, para penyandang disabilitas mengusulkan dan meminta legislatif untuk membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dapat membantu hak perlindungan dan kebutuhan tertentu.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

“Meskipun kaum disabilitas di Sampang minoritas, kami berharap pemerintah memperlakukan hal yang sama dengan kaum mayoritas,” ujar Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sampang, Munarwi.

Menurutnya, Raperda tentang disabilitas perlu dijadikan prioritas utama dan harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah Sampang. Bahkan, manfaat Raperda dapat memberikan akses pada ruang publik yang sangat membantu kebutuhan mereka.

“Mulai akses kebutuhan kesehatan, pendidikan dan pekerjaan yang lebih layak bagi kami, disabilitas. Hal ini, belum kami rasakan selama ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sampang, Lutfianto menjelaskan, aspirasi dari kaum disabilitas tentang Raperda akan menjadi prioritas utama untuk dilakukan pembahasan dalam waktu dekat.

Meski begitu, menurut Totok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan dibahas nantinya akan melibatkan kaum disabilitas serta sebagai bentuk komitmen DPRD dalam memperjuangkan hak-hak disabilitas.

“Poin-poinnya, kami akan terus intens komunikasi dengan kaum disabilitas, dan menjadi fokus utama dalam isi Perda,” terangnya.

Pihaknya mengaku akan berupaya maksimal, bahwa Sampang berkomitmen untuk memberikan pelayanan akses penunjang terhadap disabilitas tunadaksa.

“Paling utama, kami akan menyediakan kursi roda bagi kaum disabilitas di kantor DPRD. Perlu ada usulan dengan cepat terhadap sekretariat tanpa menunggu sampai tahun depan,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar