oleh

Datangkan CEO Imooji, Unija Gelar Workshop Bagi Mahasiswa dan Pelaku UMKM

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar workshop dan pelatihan menggunakan website imooji.com di gedung graha setempat, Senin (11/11/2019).

Bertajuk Imooji for Millenial Generation, kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 125 orang yang terdiri dari mahasiswa dan paguyuban UMKM di Sumennep.

Imooji sendiri adalah sarana online untuk membuat interaktif digital brosur, katalog produk, undangan even, promosi barang atau jasa, greeting cards dan kegunaan lainnya.

Pemberian materi serta pelatihan tersebut dibimbing langsung oleh CO Founder and CEO Imooji, Muji Rusman.

“Kita mengadakan pelatihan untuk mahasiswa dan pelaku UMKM di Sumenep, tujuannya memberi pelatihan kepada mereka agar mereka itu bisa kreatif, bisa meningkatkan keterampilan kewirausahaan di bidang multimedia dengan web Imooji,” kata Rektor Unija, Sjaifurrachman.

Dikatakan, pihaknya sengaja mengundang pelaku UMKM agar mereka dan mahasiswanya bisa lebih dekat. Kemudian, kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian Unija kepada UMKM di Sumenep.

“Jadi nanti Unija melalui LPPM bisa sebagai pusat untuk berbagi ilmu. UMKM ingin menanyakan apa saja ke Unija silakan. Ingin memasarkan produk, kita adakan pelatihannya. Kemudian produknya sudah selesai, mau dihak ciptakan, Unija siap memfasilitasi,” jelasnya.

Menurutnya, acara ini merupakan budaya akademik yang telah mulai dijalankan oleh Unija. Dengan demikian antara soft skill dan hard skill bisa seimbang.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan ini, bisa mencetak pelaku usaha dengan kewirausahaan. Sedangkan bagi pelaku UMKM bisa terus meningkatkan usahanya.

“Saya itu kepingin maju bareng bersama masyarakat. Saya gak kepingin hanya mahasiswa di Unija saja, tetapi masyarakat luar juga bisa mengikuti pelatihan ini agar ilmunya Unija bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. Sehingga kita bisa mengangkat perekonomian Sumenep lewat pelaku UMKM dan mahasiswa,” terangnya.

Di samping itu, CO Founder and CEO Imooji, Muji Rusman mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kompas Nusantara (Komunitas Para Sales Super Nusantara) memberi workshop untuk sharing memberi cara bagaimana berjualan secara digital yang berbeda dengan sosial media.

Loading...

Ia menginginkan pelaku UMKM ataupun mahasiswa bisa mendesain brosur digital interaktif dengan menggunakan salah satu produk unggulan dari web imooji.com.

“Harapannya memang ingin menyebarkan wearnes lah yah, bahwa di Indonesia ini ada platform milik kita sendiri, bahwa kita bisa membantu UMKM di Indonesia jadi naik kelas. Artinya mereka juga mampu gak usah harus punya budget gede, tim IT, website, mereka bisa mendapat brosur-brosur dengan brosur digital interaktif kami,” katanya.

Ia juga berharap pelatihan ini bisa meningkatkan skill set dan bisa memberikan pengalaman dalam membuat desain dalam bentuk digital yang bisa dijadikan bekal mereka setelah lulus nanti.

Disebutkan, saat ini sudah sepuluh ribu lebih user yang menggunakan web imooji.com dan sebagian besar dari mereka adalah pelaku UMKM dari berbagai macam segmen.

Selain itu, beberapa brand-brand besar di Indonesia juga ada yang memanfaatkan web ini. Umumnya mereka membuat company profile, brosur-brosur, ataupun materi promosi.

Ada dua pemilihan di imooji yang bisa digunakan pengguna yakni versi 1 free dan versi 2 dengan premium atau berbayar.

Namun, pada kesempatan ini para peserta diberi kesempatan untuk membuka dan belajar kedua versi di imooji tersebut. Tidak sedikit mereka yang antusias mengikuti setiap langkah yang diarahkan pemateri.

Penandatanganan MoU Unija dengan Kompas Nusantara (Foto. Nanik Dwi Jayanti @portalmadura.com)

Di momen tersebut, Unija juga melakukan MoU dengan Kompas Nusantara (Komunitas Para Sales Super Nusantara).

Turut hadir juga dalam pelatihan ini adalah Kasi Usaha Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, IKM Binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE