Daun Jambu Biji, Si Hijau yang Punya 4 Manfaat untuk Rambut

Avatar of PortalMadura.com
Daun Jambu Biji, Si Hijau yang Punya 4 Manfaat untuk Rambut
Ilustrasi (Sociolla)

PortalMadura.Com – Sejak dahulu, daun jambu biji dikenal memiliki manfaat baik bagi kesehatan, khususnya masalah pencernaan. Tidak hanya itu, ternyata kandungan yang ada di dalamnya juga berkhasiat untuk kecantikan rambut.

Perlu Anda ketahui, daun jambu biji mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan khasiat dari daun ini Anda bisa merebusnya dan menumbuknya sampai halus.

Selain itu, ada sejumlah manfaat lain dari jambu biji. Lantas, apa saja manfaatnya untuk rambut?. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (10/10/2019) dari laman Merdeka.com:

Mencegah Rambut Rontok

Masalah yang umum dialami oleh banyak orang yaitu rambut rontok. Jika yang rontok hanya sedikit mungkin tidak jadi masalah, tapi jika sampai banyak tentu akan terasa tidak nyaman. Rambut yang seperti ini merupakan akibat langsung dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat.

Nah, daun jambu bisa menjadi solusinya. Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Tidak heran jika membuatnya menjadi bahan yang populer untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Pasalnya, antioksidan pada daun jambu biji membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penyusutan folikel.

Baca Juga : Wow, Ini Dia 8 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Selain memang karena kurangnya perawatan, rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan tingkat stres. Saat itu terjadi, Anda perlu memijat kulit kepala dengan air daun jambu biji sehingga mampu merilekskan kepala dan menenangkan tubuh.

Menyuburkan Rambut

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, daun jambu biji juga kaya Vitamin B dan Vitamin C yang berkhasiat untuk menyehatkan folikel serta membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan aktivitas kolagen. Sedangkan kolagen membantu rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan cara memijat kepala menggunakan air rebusan jambu biji. Pasalnya, hal ini bisa meningkatkan tekanan darah yang membantu folikel menerima lebih banyak nutrisi. Ini juga bisa menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Menjadikan Rambut Berkilau

Siapa coba yang tidak ingin memiliki rambut yang berkilau?. Untuk mendapatkannnya, Anda hanya perlu mencuci rambut dengan air daun jambu biji. Dengan begitu, akan membantu menghilangkan penumpukan kotoran dan membuka folikel yang tersumbat.

Hal ini juga membantu mencegah rambut berminyak dan ketombe. Saat kotoran rambut hilang maka akan membantu menghaluskan poros rambut, membuatnya lembut dan berkilau.

Daun jambu biji juga dapat menebalkan helaian rambut yang membuatnya akan terlihat lebih bervolume. Akar rambut juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhindar dari penipisan rambut.

Melindungi Rambut dari Radikal Bebas

Sinar matahari, asap, dan polusi menyebabkan oksidasi atau perubahan susunan sel yang menyebabkan kematian sel. Antioksidan dikatakan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan ini diperkirakan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut. Daun jambu biji juga mengandung likopen yang memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.