Daun Sirih, Si Hijau yang Punya 7 Khasiat untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
daun sirih
daun sirih

PortalMadura.Com – Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Selain itu, bahan alami ini juga menyimpan segudang manfaat yang menakjubkan bagi kecantikan. Benarkah?.

Ya, ternyata daun sirih memang sudah dimanfaatkan selama berabad-abad untuk kecantikan. Sirih sangat umum digunakan sebagai pembersih bagian kewanitaan. Di India, daun ini digunakan sebagai afrodisiak (obat perangsang) alami. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak kegunaan lain daun sirih bagi wanita.

Berikut tujuh untuk kecantikan:

Mengatasi Penumpukan Air di Bawah Kulit
Konsumsi alkohol, garam berlebih, atau makanan tidak sehat lainnya kadang membuat tubuh menumpuk air di bawah permukaan kulit. Akibatnya, perut terlihat lebih buncit dan wajah tampak bengep.

Sementara itu, sirih bersifat diuretik. Artinya, sirih bisa membantu meluruhkan cairan yang menumpuk. Tumbuk sedikit daun sirih segar, peras airnya, kemudian campur dengan air hangat. Minumlah ramuan ini untuk mengatasi penumpukan cairan di dalam tubuh. Juga bisa membantu melancarkan kemih.

Obat Anti Jerawat
Sifat antijamur dan antibakteri di dalam daun sirih efektif untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, dada, dan punggung. Sementara minyak esensial di dalamnya akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.

Gunakan daun sirih yang sudah diseduh dengan air panas sebagai masker. Tempelkan lembaran daunnya yang sudah layu pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

Membersihkan Vagina
Rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan di vagina bisa diatasi degan air rebusan daun sirih. Gunakan untuk cebok setelah buang air kecil atau mandi. Namun jika gejala tidak kunjung reda, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Mencegah Bau Badan
Estradiol dan klavikula dalam sirih akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tidak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Menyegarkan Napas
Minyak esensial alami yang terdapat di dalam daun sirih dapat membantu menyegarkan napas, melindungi mului terhadap kuman, bakteri dan patogen oral. Daun berkhasiat ini juga dapat mencegah kerusakan gigi.

Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Bisa juga menggunakan segelas air hangat yang sudah dicampur minyak esensial sirih.

Mencegah Rambut Rontok
Pengobatan Ayurveda merekomendasikan penggunaan daun sirih untuk masalah yang berkaitan dengan rambut rontok. Caranya, giling daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit kepala. Biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dibilas.

Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.