Waspada! Ini Dia 7 Penyakit yang Bisa Merenggut Nyawa dalam 24 Jam

Waspada! Ini Dia 7 Penyakit yang Bisa Merenggut Nyawa dalam 24 Jam
Ilustrasi (Netralnews.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Berbicara tentang penyakit yang mematikan, biasanya yang ada dipikiran seseorang tidak jauh-jauh dari kanker, jantung atau HIV/AIDS yang umum terjadi di kehidupan manusia.

Padahal tidak hanya itu saja, ada beberapa penyakit di dunia yang dapat membunuh Anda hanya dalam waktu 24 jam. Mendegar kalimat itu tentu sangat mengerikan bukan?. Tapi, ini juga menjadi pelajaran untuk sekadar berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Sebagaimana Menurut World Health Organization (WHO), ada delapan penyebab utama kematian global pada tahun 2008. Namun, ada penyakit dengan perkembangan yang sangat cepat dari munculnya gejala sampai menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dalam 24 jam.

Berikut daftarnya:

Meningitis
Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan merupakan infeksi membran pelindung yang mengelilingi otak serta sumsum tulang belakang. Ini paling sering terjadi pada bayi, anak kecil, remaja dan dewasa. Hal ini dapat menyebabkan keracunan darah yang mengancam jiwa dan menurut First Aid for Life bisa membunuh dalam waktu empat jam.

Bakteri Pemakan Daging
Bakteri pemakan daging dikenal juga sebagai necrotising fasciitis, infeksi kulit bakteri ini dengan cepat menyebar melalui jaringan lunak tubuh. Penyakit ini memiliki kasus dengan persentase yang tinggi yaitu 30 hingga 40 persen. Amputasi bagian tubuh yang terkena sering dilakukan untuk menghentikan penyebaran infeksi.

Stroke
Penyakit ini biasanya terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu yang mengakibatkan kekurangan oksigen ke jaringan otak. Biasanya terjadi karena pembuluh darah yang pecah atau tersumbat. Pemulihan bisa terjadi tergantung dari tingkat keparahan stroke. Pasalnya, stroke besar dapat membunuh Anda dalam waktu 24 jam.

Kolera
Kolera adalah penyakit diare akut yang dapat merenggut nyawa Anda dalam 24 jam jika tidak ditangani segera mungkin. Ini biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Kolera tetap menjadi ancaman global bagi kesehatan masyarakat dan menyebabkan perkiraan 21 ribu hingga 143 ribu kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Wabah Pneumonia
Semua bentuk wabah disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis dan ditularkan dari tikus ke manusia oleh kutu. Wabah ini dapat membunuh dengan cepat dalam 18 hingga 24 jam infeksi jika tidak ditangani, tetapi antibiotik umum dapat menyembuhkannya jika diberikan sejak dini. Gejalanya biasanya sesak nafas dan batuk yang disertai dahak tercampur darah.

Ebola
Penyakit yang menyebabkan pendarahan dari organ internal dan lubang tubuh dalam banyak kasus. Ebola Haemorrhagic Fever telah terjadi di sejumlah negara di Afrika. Tingkat kematian rentang dari 50 hingga 90 persen. Korban bisa meninggal dalam beberapa jam setelah gejala mereka muncul.

Demam Hemoragik Demam Berdarah
Dengan infeksi virus nyamuk yang menyebabkan penyakit seperti flu yang relatif tidak berbahaya. Namun, dapat berkembang menjadi bentuk yang berpotensi mematikan. Penyakit ini dapat menghancurkan trombosit darah dan tanpa trombosit, pendarahan internal menyebabkan tubuh mengalami syok yang menyebabkan kematian dalam beberapa jam. (okezone.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.