Deklarasi Damai Pilkades, Bupati Sumenep Minta Ciptakan Situasi Aman

Avatar of PortalMadura.com
Deklarasi Damai Pilkades, Bupati Sumenep Minta Ciptakan Situasi Aman
Bupati Sumenep, A Busyro Karim, menandatangani isi deklarasi damai. Para calon kepala desa, BPD dan Panitia ikut melakukan penandatanganan secara bergiliran (Foto. @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, serentak 2019 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berlangsung di gedung Korpri, Rabu (23/10/2019) pagi.

Dipimpin langsung Bupati Sumenep, A Busyro Karim, bersama Forkopimda, para calon Kepala Desa (Kades) mengucapkan bersama-sama isi deklarasi damai yang terdiri dari 6 poin.

Ikut serta dalam deklarasi tersebut, ketua Pilkades, Ketua BPD, Polri, TNI dan unsur tokoh masyarakat dari masing-masing desa yang menggelar Pilkades tahun 2019.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyampaikan, yang utama dalam sebuah negara, termasuk pemerintahan desa adalah terciptanya situasi aman dan damai.

“Dalam ajaran Islam, yang diminta pertama pada yang Maha Kuasa adalah kedamaian. Artinya, aman,” katanya.

Bagaimana caranya?. Politisi PKB ini menekankan agar semua komponen masyarakat dirangkul.

“Ada tokoh pemuda, tokoh agama, Muslimat dan tokoh-tokoh lainnya harus dirangkul agar tercipta keamanan,” jelasnya.

Menurutnya, keamanan bukan tanggung jawab perseorangan, tetapi semua komponen bangsa memiliki tanggung jawab yang sama.

“Bagitu juga panitia. Jalani Perbup dengan lurus. Panitia bukan untuk memenangkan salah satu calon tapi melaksanakan tugas sesuai dengan aturan,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli melaporkan, Pilkades serentak akan berlangsung di 226 desa.

Dari jumlah desa tersebut, terdapat 787 pendaftar pada proses penjaringan yang sudah selesai dilaksanakan oleh panitia Pilkades.

Dan tersisa 654 calon kepala desa yang akan ikut pesta demokrasi tingkat desa. “Ada 68 wanita yang ikut serta dalam Pilkades serentak 2019 ini,” sebutnya.

Sedangkan tingkat pendidikan para calon kepala desa tersebut, didominasi berijazah SMA sebanyak 323 orang, S1 mencapai 236 orang, SMP 54 orang, S2 12 orang, S3 satu orang dan sisanya diploma.

Pilkades serentak akan berlangsung tanggal 7 November untuk daratan di 174 desa dan kepulauan 14 November di 52 desa.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.