Densus 88 Antiteror Silaturrahmi bersama Dai dan Khatib di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Densus 88 Antiteror Silaturrahmi bersama Dai dan Khatib di Sumenep
Direktorat Pencegahan Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan silaturrahmi bersama Dai dan Khatib di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

PortalMadura.Com, – Direktorat Pencegahan Antiteror Mabes Polri melakukan silaturrahmi bersama Dai dan Khatib di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

Ada 75 Dai dan Khatib berkumpul di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Sumenep, Jl. KH Agus Salim. Mereka mendapatkan pemahanan tentang penguatan Islam Wasathiyah untuk Indonesia damai.

Tiga nara sumber hadir pada kesempatan tersebut, meliputi Pengasuh PP Al-Azhar Asembagus Situbondo KH. Dr. Nawawi Thabrani, KH. A. Busyro Karim Mantan Bupati Sumenep dan Eks Deportan ISIS Ust. Febri Ramadhani.

Kanit I Kontra Ideologi Densus 88 Antiteror Mabes Polri AKBP Moh Dofir mengatakan, radikalisme merupakan lahan subur untuk berkembangnya kejahatan terorisme dan salah satu indikator yang menjadi bibit radikalisme yaitu intoleransi.

“Dai dan Khatib memiliki peran sentral sebagai agen narasi agama yang moderat, bahwa Khatib memiliki otoritas dalam menasehati dan mengarahkan jemaah untuk menghindari pemikiran dan perilaku yang mencederai persaudaraan beragama, berbangsa dan kemanusian,” katanya.

Dai dan Khatib, kata dia, juga memiliki tiga peran utama, yakni menyampaikan pesan kedamaian, bisa diterima semua pihak melalui sikap netralitasnya serta integritas yang terjamin keteladanannya bagi umat.

“Kedepan, diharapkan lebih bisa membumikan khotbah ditengah kerinduan spiritual jemaah dengan materi penguatan Islam Wasathiyah untuk Indonesia damai,” katanya.

Kegiatan tersebut, pihak Direktorat Pencegahan Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama dan instansi terkait serta ormas Islam untuk menumbuhkan Islam yang damai dan cinta tanah air.

Selama tahun 2022, Direktorat Pencegahan Densus 88 Antiteror Mabes Polri, sudah dua kali melakukan silaturrahmi bersama Dai dan Khatib di Sumenep. Rencananya, masih ada dua kali pertemuan yang akan ditempatkan di kepulauan Kangean dan PP Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep.

“Kalau yang ke Kangean menunggu cuaca bagus. Yang di Annuqayah, kami sudah bertemu dengan pengasuh sepuh,” pungkas AKBP Moh. Dofir.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.