oleh

Dewan Pers Bedah Tantangan Media Siber Lokal

PortalMadura.Com, Batu – Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers, Agus Sudibyo mengungkapkan tren jika media massa profesional tidak bisa digantikan oleh media baru. Namun ia menyingkap potensi local content yang cukup besar.

“Media yang survive adalah media yang semakin locality dan proximity. Basisnya adalah komunitas, distrik,” terang Agus saat seminar di Konferwil II AMSI Jatim secara daring, Sabtu (24/10/2020).

Di mana secara regular, lanjutnya, media lokal rutin menyajikan liputan publik dan mampu menargetkan khalayak yang jelas dan spesifik. Namun permasalahannya, media lokal mau tidak mau harus masuk dalam ekosistem global yang monopolistik.

Oleh karena itu, perlu dukungan politik. Antara lain aturan main yang berpihak pada media lokal (nasional), kebijaksanaan pemerintah pusat maupun daerah untuk memprioritaskan kerjasama dengan media nasional atau lokal yang profesional daripada platform media global serta mempertimbangkan media massa lokal.

“Mari kita kembali mempertimbangkan keberadaan media lokal. AMSI salah satunya bertujuan membangun ekosistem media lokal kepada media nasional,” tambahnya.

Selain itu, konten lokal menjadi salah satu invasi dan harapan banyak publik agar lebih dekat lebih peduli membangun daerah bersama-sama.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.