Diawali dari Masjid Jamik, Baznas & Bank Jatim Sumenep Luncurkan QRIS

Avatar of PortalMadura.com
Diawali dari Masjid Jamik, Baznas & Bank Jatim Sumenep Luncurkan QRIS
Peluncuran QR Code Indonesia Standard (QRIS) Bank Jatim di Masjid Jamik Keraton Sumenep (Foto. Joni Suhartono)

PortalMadura.Com, (QRIS) secara resmi diluncurkan oleh Cabang Sumenep bersama Baznas diawali dari Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jumat (20/3/2020).

Peluncurannya ditandai dengan pemanfaatan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi, berupa pemberian infak ke Masjid Jamik dan Baznas Sumenep.

“QRIS ini adalah produk BI (channel pembayaran). Salah satunya dapat digunakan warga muslim dalam menyalurkan infak dan sedekah,” kata Pemimpin Bank Jatim Cabang Sumenep, Sigit Tri Atmoko.

Program QRIS ini disusun Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV Co.

Peluncuran QRIS adalah bentuk implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang sudah dirancang sejak Mei 2019.

Dengan adanya platform QRIS, kata Sigit Tri Atmoko, diharapkan dapat menggugah dan memberikan akses yang luas dalam penyaluran infak dan sedekah, khususnya di lingkungan Pemerintah Daerah Sumenep.

“Kabar yang diterima kami, Baznas masih minim dalam mengumpulkan infak dan sedekah dari ASN. Kehadiran QRIS ini semoga berdampak baik. Kan tidak ada alasan lagi, misalnya, lupa bawak uang,” ucapnya.

Semua nasabah bank dapat menggunakan QRIS. Namun, khusus nasabah Bank Jatim tidak dikenakan biaya. “Gratis untuk nasabah Bank Jatim. Kalau bank lain tergantung pihak bank itu sendiri,” jelasnya.

Ke depan diharapkan warga muslim yang hendak menyalurkan infak dan sedekah, baik ke Masjid Jamik Keraton Sumenep maupun ke lembaga Baznas tidak lagi menggunakan uang cash.

“Jadi, manfaatnya banyak. Salah satunya tidak perlu uang cash dan uang yang disalurkan tidak rusak. Kalau pakai kotak amal (maaf) kan uang itu dilipat-lipat dan mudah rusak,” tandasnya.

Sementara, Ketua Takmir Masjid Jamik Keraton Sumenep, Husen Satriawan, mengaku senang dan menyampaikan terima kasih dengan adanya program QR Code Indonesia Standard.

“Tentu ini sangat bermanfaat, kami sampaikan terima kasih pada pihak Bank Jatim,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.