oleh

Dinkes Pamekasan Minta Waspadai Penyebaran DBD

PortalMadura.Com, Pamekasan – Penyebaran penyakit di musim pancaroba mendapat perhatian khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinkes Pamekasan, Ismail Bey mengatakan, setiap musim pancaroba, jenis penyakit rata-rata sama. Bahkan siklus lima tahunan yang paling mendapat perhatian dinkes yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Saat ini sudah memasuki musim pergantian menuju musim hujan, harus diwaspadai adanya DBD ini,” katanya, Jumat (28/11/2014).

Menurut Ismail, demam berdarah menjadi penyakit berbahaya ketika perubahan musim atau pancaroba. Namun penyakit lain seperi Influenza dan Diare, juga perlu juga diperhatikan dengan cara pola hidup yang sehat.

“Untuk DBD selain sosialisasi 3 M (menguras/ Menutup dan mengubur) kita juga memberikan obat Abate gratis melalui sejumlah puskesmas di setiap kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, data yang ada hingga bulan November ini belum ada laporan terkait demam berdarah di Pamekasan, sebab berdasar siklus 5 tahunan, awal 2014 lalu menjadi puncak penyebaran. Namun Ismail berharap, semua pihak termasuk masyarakat perlu mewaspadai penyakit terutama di musim pancaroba ini.

“Jangan nunggu ada yang terangkit dulu baru waspada, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” ungkapnya. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE