Dinkes Pastikan Vaksin Palsu Tak Masuk Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan, vaksin palsu tidak beredar di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

“Kami pastikan vaksin palsu itu tidak sampai di Sumenep,” kata Kepala , dr Fatoni, Senin (25/7/2016).

Menurutnya, selama ini pembelian vaksin untuk kebutuhan di Sumenep dilakukan  melalui APBD 1 dan 2, sehingga vaksin tersebut langsung dari Kementerian Kesehatan.

“Kami tidak membeli vaksin dari pihak lain, langsung dari Kementerian Kesehatan. Jadi tidak mungkin terjadi penyelundupan vaksin palsu,” ucapnya.

Lebih lanjut ia memastikan, untuk kebutuhan caksin disejumlah klinik dan tempat dokter berpraktek, mereka membeli melalui Dinkes.

“Untuk klinik dan dokter praktek diluar instansi pemerintah, mereka membelinya melalui kami juga,” tegasnya.

Untuk memastikan Sumenep bebas dari vaksin palsu, pihaknya mengaku sudah melakukan sweeping terhadap klinik dan tempat praktek dokter.

“Pada minggu pertama bulan puasa kemarin kami melakukan sweeping terhadap klinik dan tempat praktek dokter, hasilnya alhamdulillah tidak ditemukan vaksin palsu,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku tetap akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan vaksin disejumlah klinik dan tempat praktek dokter.

“Masyarakat diharapkan tidak terpengaruh terhadap isu beredarnya vaksin palsu itu, karena di Sumenep steril dari vaksin palsu itu,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.