oleh

Direndam Banjir, Bibit Padi Terancam Busuk

BANGKALAN (PortalMadura) – Akibat hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, selama dua hari berturut-turut, mengakibatkan lahan sawah yang baru ditanami bibit padi terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Tanaman bibit padi yang rata-rata baru ditanam 1 minggu tersebut terancam membusuk jika hujan kembali mengguyur kota Bangkalan.

Pantauan dilapangan, genangan air di sejumlah persawahan tersebut tak kunjung surut, karena saluran air yang menuju sungai banyak yang buntu akibat di uruk untuk pondasi bangunan.

“Bibit padi ini baru 1 minggu saya tanaman, ini sudah 2 hari tergenang air dan tidak surut. Pembungan air sudah banyak yang tersumbat,” terang Ahmadi, salah seorang petani asal Desa Bilaporah, Bangkalan, Rabu (8/1/2014).

Menurut dia, sawah yang tergenang air tidak hanya terjadi disawah miliknya. Tapi, sejumlah persawahan di sepanjang jalan Halim Perdana Kusuma juga tergenang air setingga lutut orang dewasa.

“Kalau air menggenang seperti ini terus, bibit padi yang baru ditanam akan membusuk dan harus tanam ulang,” tandasnya.(atc/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.