IPTEK  

Disajikan Dengan Cangkir Berat, Ternyata Kopi Lebih Lezat Lho!

Avatar of PortalMadura.Com
Disajikan Dengan Cangkir Berat, Ternyata Kopi Lebih Lezat Lho!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Lezat atau tidaknya kopi ternyata tidak semata-mata tergantung resep dan takarannya, tetapi pada wadah yang digunakan untuk menyajikannya, demikian dikatakan seorang ilmuwan dari Universitas Oxford, Inggris.

Charles Spence, pakar Psikologi Eksperimental dari Oxford mengatakan bahwa gelas yang berat akan membuat orang merasa minuman apa pun yang disajikan di dalamnya, termasuk kopi, akan jauh lebih nikmat.

“Kita suka wadah yang berat. Kita mengasosiasikannya dengan kualitas yang lebih baik,” kata Spence dalam ajang Chletenham Science Festival, seperti dilaporkan The Telegraph, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan bahwa kualitas wadah atau gelas mempunyai efek psikologis terhadap orang yang mengonsumsi minuman di dalamnya. Ada kesan jika minuman disajikan di dalam gelas plastik atau kaleng, maka kualitasnya lebih rendah dan murahan.

“Wadah yang ringan diasosiasikan dengan kualitas yang rendah dan kesan murahan,” ujar dia.

Sebelumnya Spence pernah bekerja sama dengan koki terkemuka Inggris, Heston Blumenthal, dalam menyajikan anggur. Keduanya melakukan eksperimen untuk mengetahui bagaimana aroma dan suara memengaruhi rasa anggur.

Hasilnya, menurut Spence, untuk bisa terus menikmati kelezatan satu jenis anggur maka saat meminumnya kembali seseorang harus menciptakan suasana sama seperti saat dia pertama kali mengecap anggur tersebut. (suara/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.