oleh

Doa Mustajab Supaya Lulus Ujian Masuk Kerja

PortalMadura.Com – Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan kini bukan hal yang baru lagi. Apalagi di zaman sekarang, banyak orang yang berlomba-lomba meraih pendidikan terbaiknya hanya demi diterima dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang diimpikan.

Akan tetapi, hal itu bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak ujian yang dihadapi sampai pada akhirnya bisa terpilih menjadi bagian dari perusahaan itu. Misalnya, mulai dari ujian kompetensi, wawancara, tes kesehatan, bahkan harus bersaing dengan para pencari kerja lainnya yang mungkin lebih baik dari Anda.

Selain bekal kemampuan dan ilmu, sudah selayaknya Anda membekali diri dengan berdoa terlebih dahulu. Pasalnya, manusia hanya bisa berusaha, namun hasil akhir Allah SWT yang menentukan. Seperti apa doanya?. Berikut ulasannya:

Doa Agar Lulus Ujian Masuk Kerja

doa agar lulus tes

Ada beberapa doa yang bisa dibaca ketika akan menghadapi ujian masuk kerja. Adapun doa tersebut antara lain doa agar diberi kemudahan, doa memohon tambahan ilmu pengetahuan, dan membaca selawat Nabi ketika dihadapkan pada jawaban pilihan.

Pertama, sebaiknya Anda membaca doa agar diberikan kemudahan dalam mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan.

Adapun doa tersebut berbunyi: “Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan”.

Artinya; “Ya Allah!. Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya”, (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106).

Doa Kelancaran Lisan

doa agar lulus ujian

Doa kedua yang bisa dibaca saat akan mengikuti ujian adalah potongan dari (QS. Thaahaa: 25-28). Dalam ujian masuk kerja, peserta yang sudah lulus tes kompetensi akan mengikuti tes wawancara. Banyak di antara mereka, yang tidak lulus pada tahap ini. Untuk itu, sebaiknya berdoa terlebih dahulu sebelum mengikutinya. Doanya yaitu;

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii”. Artinya; “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS Thaahaa : 25-28).

Doa selanjutnya yang bisa dibaca adalah doa memohon tambahan ilmu pengetahuan. Adapun doa tersebut merupakan potongan dari ayat QS Thaahaa : 114.

“Rabbi zidnii ‘ilmaa”. Artinya; “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan” (QS Thaahaa : 114).

Ketika pengawas ujian mulai membagikan naskah soal, bacalah surat Al-Qodar tiga kali. Surah al-Qodar, di dalamnya ada ayat yang menceritakan : “….turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan…” (semoga Allah mengirim malaikat-malaikatnya untuk mengilhamkan kepada Anda cara berpikir yang efektif, ketenangan, penjagaan selama ujian, serta pertolongan agar dipermudah oleh Allah).

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat al-Qodar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadan dan menghidupkan malam al-Qadar”, (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn).

Ketika ragu menjawab, bacalah selawat untuk Nabi. Rasulullah bersabda : “Tak seorangpun mengucapkan salam untukku kecuali Allah akan mengembalikan ruhku kepadaku, agar menjawab salamnya itu”.

Semoga informasi doa agar lulus ujian ini bermanfaat dan Anda bisa bekerja sesuai dengan pekerjaan yang sudah diimpi-impikan. Semangat dan tetap berjuang. Wallahu A’lam.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: infoyunik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar