Doa Setelah Salat Tahajud Lengkap dengan Artinya

Avatar of PortalMadura.com
Doa Setelah Salat Tahajud Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat sunah yang dilaksanakan ketika waktu malam hari setelah salat isya sampai terbit fajar yaitu dinamakan salat tahajud. Salat ini dilakukan setelah tidur pada malam hari, meskipun itu hanya tidur sebentar.

Dengan kata lain, jika melakukan salat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka salat tersebut bukan termasuk salat tahajud, melainkan salat sunah saja. Jumlah rakaat pada salat ini yaitu sedikitnya dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Salat sunah ini dianjurkan pada umat muslim sebagai ibadah tambahan.

Sebagaimana firman Allah mengenai anjuran untuk menjalankan salat tahajud yang terdapat pada Alquran surat Al-Isra ayat 79. Artinya: “Dan pada sebagian malam hari salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (Q.S Al-Isra 79).

Salat tahajud juga mempunyai banyak manfaat atau keutamaan salah satunya adalah terkabulnya doa-doa yang Anda panjatkan. Setelah selesai mengerjakan salat tahajud alangkah baiknya membaca zikir atau wirid kemudian di lanjutkan dengan membaca tahajud.

Lantas bagaimana bacaannya?. Di bawah ini merupakan doa yang dibaca setelah mengerjakan salat tahajud lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

Doa Setelah Salat Tahajud

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah“.

Artinya :
Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Mahabenar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah“.

Setelah membaca doa di atas bisa juga menambahkan doa-doa lainya seperti doa selamat dunia akhirat, doa khusnul khotimah, doa memohon ampunan maupun doa-doa lainya.

Demikian mengenai bacaan doa setelah mengerjakan salat tahajud dan artinya. Mudah-mudahan doa di atas bisa bermanfaat dan Anda lebih semangat lagi untuk bangun malam dan mengerjakan salat tahajud. Wallahu A'lam. (doaharianislami.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.