Doa yang Dibaca Rasulullah di Hari Jumat, Yuk Amalkan!

Avatar of PortalMadura.com
Doa yang Dibaca Rasulullah di Hari Jumat, Yuk Amalkan!
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Jumat merupakan hari yang dianggap paling baik di antara hari lainnya. Bahkan, tidak sedikit yang juga mengatakan bahwa Jumat menjadi pemimpin dari hari-hari yang ada selama satu pekan.

Kenapa demikian?. Karena, di hari Jumat ada banyak keutamaan, dan merupakan waktu yang penuh berkah serta Allah SWT membuka pintu maaf seluas-luasnya tepat pada hari tersebut.

Tidak heran, jika umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti salat, mengaji, zikir sampai dengan memperbanyak doa pada hari Jumat.

Lantas, bagaimana bacaan doanya?. Salah satu doa yang disunahkan Rasulullah SAW untuk dibaca setiap Jumat berkah, yaitu;

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi“. Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha hidup, lagi Maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya“.

Doa tersebut ditemukan di dalam kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi. Dianjurkan jika doa ini dibaca sebanyak tiga kali, sebab memiliki keutamaan yang sangat banyak.

Selain bacaan di atas, adapun keutamaan amalan lainnya yang bisa dilaksanakan pada Jumat berkah, seperti dilansir Okezone.com, yang dikutip dari akun Youtube resmi Dalwa Ba’alawi, Pengasuh Pondok Pesantren Dalwa, Habib Ali Zainal Abidin mengatakan, sunah lainnya adalah membaca surat Al Kahfi.

Oleh karena itu, dianjurkan memperbanyak ibadah, dianjurkan membaca Alquran, khususnya surat apa?. Al kahfi,” kata Habib Ali.

Habib Ali juga menambahkan, bagi Muslim yang membaca surat Al Kahfi maka akan diberi cahaya dan dijaga oleh Allah SWT. Bahkan, Allah akan menjaganya selama satu minggu hingga di akhirat nanti.

Baca Juga : Ini Amalan-amalan Sunah di Hari Jumat yang Harus Dilakukan

Yang membaca surat Al Kahfi akan diberi cahaya oleh Allah SWT. Menjulang sampe ke Arsy. Kemudian yang membaca surat Al Kahfi juga akan dijaga oleh Allah dari Jumat sampai Jumat berikutnya,” terangnya.

Demikian bacaan doa yang dibaca Rasululah pada hari Jumat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keutamaan atau berkah pada hari Jumat maka amalkan bacaan tersebut. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.