oleh

DPRD Pamekasan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Mengenai 3 Raperda Usulan Eksekutif di ruang sidang DPRD Jalan Kabupaten, Senin (9/3/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, didampingi Wakil Ketua DPRD, Syafiuddin, Hermanto, dan Harun Suyitno. Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan Sekretaris Daerah (Sekda), Totok Hartono. Selain itu hadir pula perwakilan Kodim 0826 Pamekasan dan perwakilan Polres Pamekasan.

“Rapat paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Mengenai 3 Raperda Usulan Eksekutif ini semoga mendapat manfaat dan bernilai ibadah di sisi Allah,” kata Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman.

Tiga raperda usulan eksekutif tersebut adalah perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), uji kir dan raperda tentang retribusi yang merupakan turunan dari pemerintah pusat agar pemerintah daerah melakukan perbaikan uji kelayakan kendaraan.

“Dinas kita rampingkan, karena kita ingin kinerja pemerintahan ini cepat, excellent dan tidak ada tumpang tindih. Tumpang tindih itu mengakibatkan pemborosan anggaran,” ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Adapun OPD yang rencananya akan digabung adalah Dinas Koperasi dan UMKM dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan digabung dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan yang terakhir adalah Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPPTSP) akan disatukan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Baca Juga: Aktivis HMI Demo Mapolres Bangkalan, Ungkit Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

“Penggabungan ini dalam rangka efisiensi, kerja cepat dan gesit sesuai dengan visi dan misi kita. Kalau organisasinya tidak efektif, tidak mungkin Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) kita mendapatkan nilai A, karena dianggap belum efektif,” tandasnya.

Pantauan PortalMadura.Com, rapat paripurna yang juga dihadiri pimpinan OPD, dan sejumlah stakeholder tersebut ditutup dengan pembacaan doa setelah sebelumnya membacakan lagu ‘Padamu Negeri’ secara bersama-sama.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Salimah
Tirto.ID
Loading...

Komentar