DPRD Pamekasan Minta Kades Segera Bentuk BUMDes

Avatar of PortalMadura.com
DPRD Pamekasan Minta Kades Segera Bentuk BUMDes
dok. Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pamekasan, Ismail

PortalMadura.Com, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta Kepala Desa (Kades) segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di tingkat desa.

Pernyataan itu menyusul banyaknya desa yang belum membentuk BUMDes, dari 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan hanya 50 BUMDes yang terbentuk. Artinya, lebih separuh desa belum memiliki badan usaha tersebut.

“Yang sudah terbentuk dikembangkan sesuai dengan jenis usahanya, sementara desa yang belum miliki BUMDes segera dibentuk, karena ini merupakan potensi desa,” pinta , Ismail, Rabu (11/7/2018).

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, dengan adanya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikelola langsung oleh pemerintah desa harus benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam pengembangan ekonomi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Ach. Faisol mengungkapkan, minimnya pembentukan badan usaha di tingkat desa ini lantaran faktor Sumber Daya Manusia (SDM) tentang pengelolaan keuangan dan lain-lain.

“Salah satu faktornya adalah SDM, misalnya SDM pengelolaan keuangan, SDM manajemen usaha di tingkat desa. Karena SDM ini sangat penting, ” katanya, Selasa (10/7/2018).

Faisol meminta kepada para pendamping desa agar mampu memberikan dorongan kepada para kepala desa yang belum membentuk BUMDes tersebut. Apalagi, Peraturan Daerah (Perda) tentang BUMDes sudah diresmikan pada tanggal 8 Juli 2017. (Marzukiy/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.