oleh

DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati & Pengumuman Pansus Via Video Conference

PortalMadura.Com, Sampang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sampang dan pengumuman nama Panitia Khusus (Pansus) LKPJ tahun 2019.

Kegiatan rapat paripurna DPRD Sampang dilaksanakan melalui video conference dengan tujuan mencegah penyebaran pandemi virus corona. Tidak lupa, seluruh peserta sidang dan undangan yang hadir menggunakan masker.

Ketua DPRD Sampang, Fadol menyampaikan, LKPJ Bupati yang sudah didengarkan segera disampaikan kepada tim Pansus LKPJ 2019 untuk dilakukan pembahasan, evaluasi, dipelajari dan diteliti dengan seksama terhadap poin laporan.

“Dalam waktu dekat, poin-poin apa saja yang direkomendasikan dari Pansus LKPJ, maka akan kami sidangkan dalam paripurna,” tuturnya, Senin (6/4/2020).

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menjelaskan, penyampaian LKPJ merupakan agenda konstitusional tahunan yang secara yuridis formal diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

LKPJ berisi laporan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan atau proses raport pelaksanaan pembangunan yang disampaikan kepada DPRD. Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah melalui fungsi pengawasan legislatif.

Ada tiga dokumen buku LKPJ Bupati yang disampaikan pemerintah daerah dalam susunan satu paket. Sekaligus dengan lampiran pelaksanaan program dan kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2019.

“DPRD akan melaporkan kembali kepada kami berupa catatan-catatan strategis dalam keputusan untuk perbaikan atau meningkatkan penyelenggaraan pemerintah yang pada masa mendatang,” ujarnya.

Pelaksanaan pembangunan daerah Sampang tahun 2019, pihaknya mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024.

“Misi dan program prioritas tahun anggaran 2019, dapat kami sampaikan bahwa secara garis besar kinerja dari sasaran pembangunan daerah menunjukkan capaian yang cukup baik,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar